Bahu-membahu Dukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia demi Berdayakan UMKM

Oleh Asnida Riani pada 16 Mei 2020, 07:00 WIB
Diperbarui 16 Mei 2020, 07:00 WIB
Bangga Buatan Indonesia
Perbesar
Ulfah Nurfebrianti salah satu pelaku UMKM di bawah brand Dorodokcu yang turut serta dalam gerakan Bangga Buatan Indonesia. (dok. Grab Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Mendorong peningkatan penjualan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) secara digital di masa pandemi, Pemerintah Indonesia menginisiasi gerakan Bangga Buatan Indonesia.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Kamis, 14 Mei 2020, salah satu pihak yang memperlihatkan dukungan pada gerakan tersebut adalah Grab Indonesia lewat widget #BanggaBuatanIndonesia di aplilkasi Grab supaya pengguna dapat mengakses produk UMKM dengan mudah.

Melalui widget ini, Grab juga akan membantu UMKM yang masih offline untuk bisa segera memanfaatkan online platform dengan mengikuti berbagai video tutorial untuk mendaftarkan diri ke dalam platform Grab, sepertii GrabFood, GrabExpress, GrabMart, GrabKios, serta layanan terbaru, GrabAssistant.

UMKM yang telah terdaftar sebelumnya pun berkesempatan memperoleh Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang ditawarkan melalui kolaborasi Grab dan Bank BRI1.

Mitra merchant GrabFood dan GrabKios yang produktif, serta belum mendapatkan akses kredit ke bank akan mendapat akses ke KUR, program inklusi keuangan pemerintah dan BRI dengan pinjaman sampai sebesar Rp50 juta dan suku bunga yang sangat rendah, yaitu 6 persen per tahun dengan masa pinjaman selama 1--3 tahun.

Sementara, salah satu program yang akan diusung Tokopedia demi mendukung gerakan Bangga Buatan Indonesia adalah rangkaian webinar dan kelas daring bernama Obrolan Seller yang bisa diakses secara gratis.

Pegiat UMKM bisa mendapatkan pengetahuan terkait peningkatan kualitas produk hingga pemasaran. Mereka  juga dapat berbagi inspirasi dan pengalaman dengan sesama pebisnis di Tokopedia melalui komunitas penjual Keluarga Tokopedia.

2 dari 4 halaman

Maksimalkan Pemanfaatan Teknologi

Tokopedia
Perbesar
Tokopedia turut serta mendukung gerakan Bangga Buatan Indonesia. (dok. Tokopedia)

Selain itu, melalui pemanfaatan teknologi, Tokopedia memberi fitur-fitur yang dapat membantu para pelaku UMKM mengembangkan usaha mereka. Selama masa gerakan #BanggaBuatanIndonesia, Tokopedia akan menampilkan laman kurasi khusus produk lokal untuk menyediakan pilihan terbaik bagi para pembeli.

Tokopedia juga akan terus bermitra dengan berbagai pihak agar mampu memberi solusi bagi penggiat UMKM. Misal, dengan institusi keuangan untuk memberi bantuan modal, salah satunya dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

“Selain itu kami bergerak bersama komunitas dan pemerintah untuk menggagas terobosan aktivitas online,” tutur CEO dan Founder Tokopedia, William Tanuwijaya. 

Kemudian, Blibli juga turut mengambil bagian dalam gerakan nasioanl tersebut. Pihaknya mengajak pelanggan untuk berpartisipasi mendukung melalui kampanye #KarenaLokalNo1 yang mengangkat produk-produk lokal.

Juga, terdapat halaman khusus #BanggaBuatanIndonesia untuk memudahkan pelanggan mencari produk lokal yang diminati. Adapun produk-produk UMKM yang tersedia mencakup berbagai pilihan kategori, termasuk Rumah dan Dekorasi, Fashion Anak, Dunia Makanan, Perawatan dan Kecantikan, Fashion Wanita, serta Fashion Pria.

Ridzki Kramadibrata selaku President Grab Indonesia mengatakan, UMKM memegang peran penting bagi perekonomian Indonesia, maka dari itu Grab percaya percepatan transformasi digital dapat membantu mereka bertahan dan bangkit di situasi sulit saat ini.

 

3 dari 4 halaman

Bangun Sirkular Ekonomi

Blibli
Perbesar
Blibli turut serta mendukung gerakan Bangga Buatan Indonesia. (dok. Blibli)

Sebelumnya, Tokopedia bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian, serta Kementerian Pariwisata dan Eknomi Kreatif menyelenggarakan program #SatuDalamKopi dan #RamadanBanggaLokal untuk mendukung pertumbuhan bisnis kopi dan fesyen muslim lokal.

Bertepatan dengan momentum #BanggaBuatanIndonesia, Blibli meluncurkan program khusus berkolaborasi dengan Benihbaik.com. Program kerja sama ini mengajak para pelanggan untuk membeli produk-produk UMKM dan melakukan donasi bagi masyarakat ataupun komunitas terdampak COVID-19.

Para pelanggan yang ingin membantu melalui program ini dapat melakukan donasi dengan mengunjungi halaman khusus produk UMKM #BanggaBuatanIndonesia, di mana setiap pembelian akan secara langsung mendonasikan satu paket makanan.

Jika ingin menyumbang lebih dari satu paket makanan, pelanggan dapat melakukan pemesanan produk lebih dari satu kali. Hasil dari penjualan produk UMKM di Blibli akan didonasikan untuk pengadaan makanan siap saji dari pelaku industri kuliner yang juga terdampak COVID-19, kemudian akan disumbangkan ke masyarakat membutuhkan.

Rencananya, gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia yang diluncurkan pada 14 Mei 2020 ini berlangsung hingga akhir tahun.

 

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓