Sukses

5 Hal yang Terjadi pada Kulit Saat Tak Pakai Makeup dalam Waktu Lama

Dalam kegiatan sehari-hari, makeup sangat dekat dengan kaum hawa. Lalu, apa yang terjadi pada kulit saat tak memakai riasan tersebut?

Liputan6.com, Jakarta - Makeup sangat erat kaitannya untuk mendukung penampilan kaum hawa. Berbagai macam riasan, mulai dari yang natural hingga bold, dapat dikenakan sesuai kepribadian dan kebutuhan.

Namun, tak dapat dipungkiri, ada kalanya seseorang dilanda rasa malas untuk memulas  makeup dan memilih tampil natural tanpa polesan. Bisa juga karena ingin memaksimalkan kinerja skincare atau memiliki masalah kulit.

Lalu, apa yang terjadi pada kulit wajah seseorang ketika tak mengenakan makeup dalam jangka waktu sebulan atau lebih lama dari itu? Berikut hal-hal yang terjadi pada kulit seperti dilansir dari Women's Health, Kamis, 14 Mei 2020.

1. Permukaan kulit jadi seimbang kembali

"Dengan menghindari pemakaian alas bedak dan perona pipi, kulit dibiarkan kembali ke keseimbangan dan hidrasi minyak alami," kata Nadia Kihiczak, seorang dokter kulit di New York, Amerika Serikat.

Ia menambahkan, tanpa makeup, penggunaan toner setiap hari atau mencuci muka berlebihan untuk menghilangkan riasan yang dapat mengupas kulit dari keseimbangan minyak alami dapat diminimalkan lebih lanjut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Kemungkinan kecil jerawat melebar

"Tidak seperti banyak bahan produk perawatan yang menembus ke dalam kulit, makeup di atas kulit Anda, cakupan ini dapat memengaruhi produksi sebum kulit dan hidrator alami karena kulit berperilaku berbeda tergantung pada faktor-faktor eksternal seperti kelembapan," kata dermatologis, Hadley King di New York.

King melanjutkan, pada beberapa kasus penggunaan makeup bisa meningkatkan produksi minyak. Jadi, tidak memakai makeup dapat mengurangi berminyak, pori-pori tersumbat, dan jerawat.

3 dari 6 halaman

3. Mengekspos kulit lebih sedikit bakteri

Kihiczak menyebut, dengan tidak memakai makeup, Anda tidak perlu mengekspos kulit wajah Anda terhadap bakteri yang tumbuh subur dalam aplikasi kuas dan palet makeup.

"Bahkan, jika Anda mencuci kuas secara teratur, bakteri dapat tetap berada di dalamnya dan dalam makeup itu sendiri, bahkan jika mereka telah menambahkan pengawet," tambahnya.

 
4 dari 6 halaman

4. Garis-garis halus akan tak terlalu tampak

Kihiczak juga mengatakan, makeup terutama riasan serbuk, dapat diam dalam garis-garis halus dan kerutan. Hal ini benar-benar membuat kerutan tampak lebih jelas, terutama di sekitar mata.

"Kemudian, proses menghilangkan makeup setiap malam menarik kulit secara teratur yang dapat memengaruhi elastisitas kulit, karenanya mempercepat penuaan," ungkapnya.

5 dari 6 halaman

5. Bulu mata terlihat tebal

"Jika Anda mengenakan maskara yang cukup untuk menyebabkan kerusakan, atau tidak melepasnya dengan lembut dan menyebabkan kerusakan seperti itu, Anda mungkin memerhatikan bahwa bulu mata Anda terlihat lebih panjang atau lebih penuh karena kurangnya kerusakan," kata King.

Kihiczak setuju dan menyatakan bahwa jika Anda melepaskan maskara selama satu bulan, Anda akan menghentikan iritasi, di mana bulu mata akan lebih sedikit rontok dan kepadatannya dapat dinormalisasi.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini