Sukses

14 Tempat Wisata Budaya Virtual yang Sayang Dilewatkan di Masa Pandemi

Berdasarkan destinasi favorit wisatawan sepanjang 2019 serta sebuah survei, Agoda membagikan panduan praktis untuk bepergian di dunia virtual selama pandemi.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona Covid-19 menjadi masa-masa yang sangat berat bagi Anda yang suka berpergian dan travelling. Sudah beberapa bulan ini kita harus berada di rumah saja untuk terhindar dari wabah Covid-19.

Saat pandemi belum mereda, traveling jadi sesuatu yang mustahil dilakukan. Padahal di bulan Mei ini banyak hari libur dan akhir pekan panjang yang bisa dimanfaatkan untuk traveling. 

Meski rencana perjalanan harus tertunda, platform perjalanan digital Agoda menunjukkan bagaimana Anda masih bisa menjelajahi dunia, menghilangkan kebosanan, dan mengalami apa yang ditawarkan dunia, semuanya tanpa perlu meninggalkan rumah.

Berdasarkan destinasi favorit wisatawan Agoda sepanjang 2019, dikombinasikan dengan motivasi jalan-jalan teratas dari Survei Penggunaan & Perilaku, Agoda membagikan panduan praktis untuk bepergian di dunia virtual.

Menurut Survei Penggunaan dan Perilaku yang dilakukan Agoda, Alam; Pantai; Makanan; Tempat Terkenal; dan Budaya merupakan lima alasan utama yang menjadi motivasi jalan-jalan para wisatawan di seluruh dunia. Dilansir dari keterangan tertulis Agoda, faktor budaya terdiri dari dua bagian yaitu Mseum dan Galeri serta Teater dan Musik. Berikut rincian tempat wisata di dua bagian budaya tersebut.

Museum dan Galeri Seni

1. Louvre

Tak usah menunggu terlalu lana untuk melihat lukisan Mona Lisa, The Wedding at Cana atau Venus de Milo, yang terdapat di Museum Louvre di Paris yang terkenal itu. Anda bisa mengikuti tur virtualnya dan lihat dari dekat lukisan-lukisan terkenal di dunia tersebut, tanpa meninggalkan rumah.

2. Artscience Museum

Ranah budaya Singapura kini semakin berkembang dengan merebaknya teater, pertunjukan seni, dan kuliner yang bisa dinikmati. Anda bisa menjelajahi ArtScience  Museum yang terletak tepat di jantung Kota Singa ini, berada di dekat Hotel Marina Bay Sands yang ikonik, dan menghadap ke Pelabuhan.

Museum ini mengadakan berbagai pameran luar biasa sepanjang tahun. Anda bisa menyaksikan pertunjukan seni kontemporer dan sains di museum ini selama masa #dirumahaja ini.

3. Museum Seni Kontemporer Bangkok

Sementara itu, Museum Seni Kontemporer Bangkok punya banyak koleksi lukisan dan pahatan berharga yang mempromosikan dan menyoroti kekayaan warisan budaya Thailand. Meskipun tidak sepenuhnya interaktif, para pelancong masih dapat belajar tentang karya-karya seniman lokal Thailand seperti Profesor Emeritus Chalood NImsamer, dan Profesor Paitun Muangsomboon.

4. Metropolitan Museum of Art

Setiap kunjungan ke New York, tidak lengkap tanpa kunjungan ke Metropolitan Museum of Art, dan tidak ada cara yang lebih baik untuk membangkitkan keinginan Anda untuk mengunjungi museum ini di masa mendatang selain dengan tur virtual terlebih dahulu.

Proyek Met 360 telah merilis rangkaian enam video pendek yang mengundang pemirsa untuk secara virtual mengunjungi seni dan arsitektur Met dengan cara yang segar dan mendalam. Ada enam aula di museum ini, yang meliputi The Great Hall, The Cloisters, The Temple of Dendur, The Met Breuer, The Charles Engelhard Court, serta Arms and Armor Galleries.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Museum dan Galeri Sejarah

1. Gyeonggi Art and History

Budaya pop Korea mungkin sangat berpengaruh sekarang, namun Korea memiliki sejarah yang panjang, membanggakan, dan menarik yang perlu ditelusuri lebih lanjut.

Pilihlah zaman yang ingin Anda telusuri melalui Gyeonggi Art and History dengan tamasya virtualnya ke beberapa situs warisan UNESCO di Korea Selatan, termasuk pusat warisan dunia Namhanhangseoung, Jeongak Pre-history Museum dan Gyeonggi Museum of Modern Art.

2. Islamic Arts Museum

Di Malaysia, yang menempati peringkat nomor tiga dalam daftar destinasi teratas bagi wisatawan Agoda selama 2019, Anda dapat menelusuri sejarah Islam dengan 'walk-through' virtual di Islamic Arts Museum di Kuala Lumpur. Tempat tersebut menampilkan sejarah budaya yang kaya akan pengaruh Islam dalam hal seni, arsitektur, pakaian, dan kaligrafi sejak 1400 tahun yang lalu.

3. National Palace Museum 

Taipei atau Taiwan menawarkan tur virtual National Palace Museum yang sepenuhnya interaktif sehingga wisatawan dapat menikmati museum dan artefak bersejarah sebebasnya.

Museum dan Galeri Sains

1. Natural History Museum

Kalau Anda lebih tertarik dengan dunia sains, nikmati pemandangan 360 derajat dari Natural History Museum kelas dunia di London dari rumah Anda.

3 dari 4 halaman

Teater dan Musik

1. Balet

Jika Anda lebih menyukai tarian daripada drama musikal West End, nikmatilah pertunjukan Swan Lake oleh Teater Bolshoi atau saksikan Acis and Galatea karya Handel atau The Winter’s Tale, yang ditampilkan oleh Royal Opera House dan Royal Ballet.

2. Musikal

Buat Anda yang terobsesi dengan musikal, saksikan karya Andrew Lloyd Webber yang berjudul ‘ The Shows Must Go On’, yang mencakup lagu The Phantom of the Opera, dan Joseph and the Amazing Technicolored Dream Coat.

3. Royal Opera Houses Our House to Your House

Kalau Anda tidak bisa menunggu sampai teater dibuka kembali atau hanya ingin mencicipi dunia opera untuk menyaksikan kemegahan penampilan Gloriana atau Cosi fan Tutte dari Mozart, tontonlah Royal Opera Houses Our House to Your House di YouTube.

4. Sydney Opera House

Tidak mau kalah, dan sama-sama terkenal karena bangunannya yang khas dan karena pertunjukannya, saksikan pertunjukan musik dan tarian 'live' dari Sydney Opera House.

5. Globe Theatre Shakespeare

Bagi Anda yang suka melihat para aktor tampil di atas panggung, dan merindukan karya-karya The Bard yang diadakan di Globe Theatre Shakespeare yang terkenal di London, bersiaplah untuk terinspirasi dan terpesona, melalui serangkaian pertunjukan ‘live’ di laman resmi mereka.

6. Budaya Pop

Para penyanyi terkenal mungkin tidak bisa mengadakan konser di stadion saat ini, namun mereka mencoba memberikan yang terbaik untuk tampil dari rumah mereka.

Jadi, bagi penyuka music rock ala Bruce Springsteen, bernyanyi bersama dengan Gary Barlow dan beberapa artis terkenal di dunia selama sesi Crooner Sessions, atau ingin mendengarkan artis-artis Columbia Records seperti Diplo dan John Mayer, Anda bisa menyaksikan siaran langsungnya atau melalui akun sosial media mereka.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini