Sukses

3 Tips Fokus dan Efektif Bekerja di Rumah Menurut Pakar Produktivitas

Untuk tetap produktif dan fokus, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan selama bekerja di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona Covid-19 memaksa jutaan orang untuk beraktivitas di rumah, tak terkecuali soal bekerja. Meski bukan perkara mudah, tetap produktif dan fokus di masa krisis jadi satu poin penting yang perlu jadi perhatian.

Produktivitas tercipta dengan dukungan dari berbagai hal, termasuk diri sendiri. Sebut saja semangat yang dibangun dengan diawali lewat mengatur agenda atau kegiatan yang akan dilakukan.

"Ketika Anda benar-benar ingin berpikir produktif, miliki niat untuk melakukannya dan laksanakan dengan baik. Bukan berarti harus memeriksa banyak hal, tetapi lebih jadi perhatian," kata Laura Mae Martin, pakar produktivitas Google dalam bincang virtual, Kamis (14/5/2020).

Laura menambahkan, ada beberapa tips untuk menjaga dan mempertahankan fokus juga energi selama bekerja di rumah. Yang pertama adalah menetapkan batas-batas, baik dari fisik dan mental.

"Anda mungkin bangun di pagi hari hal pertama yang dilakukan membuka komputer di tempat tidur, tetapi dalam jangka panjang itu tidak akan membantu mental Anda. Maka, pilihlah tempat di rumah untuk Anda bekerja," tambahnya.

Kemudian gunakan tempat itu terus karena dengan kebiasaan itu, ruangan tersebut kemudian diasosiakan menjadi kantor dan membuat tetap produktif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rencana dan Maksimalkan Waktu

Pilih juga ruang yang digunakan untuk bebas dari kerja, misal kamar tidur. Jadi, Anda tak perlu memikirkan pekerjaan di ruang tersebut.

"Yang kedua, penting untuk membuat rencana aktivitas kerja sehari sebelumnya dan lakukan itu," tambahnya.

Penerapan langkah kedua ini dilakukan agar Anda dapat menghemat waktu dan menggunakan waktu yang ada tersebut untuk keperluan lain.

"Lalu, maksimalkan bekerja dari rumah untuk mencari tahu Anda itu orang yang produktif di waktu apa, pagi atau siang. Sehingga kerja jadi maksimal dan kalau bisa diterapkan saat kembali ke kantor," tutupnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini