Sukses

Kreatif di Rumah, Pilih Kompetisi Berpuisi atau Ikut Kelas Bersama Garin Nugroho?

Ayo siapa yang mau ikut, ada dua pilihan tersedia. Bisa berpuisi atau ikut kelas bersama Garin Nugroho, semuanya digelar online.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak cara agar tak bosan di rumah, misalnya mengikuti beragam kelas kreatif. Kali ini, Galeri Indonesia Kaya mengajak publik untuk menulis puisi lewat #PuisiDiRumahAja serta menulis ide kreatif lewat Workshop Online Ruang Kreatif bersama Garin Nugroho.

Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, menerangkan alasan peluncuran kelas kreatif online tersebut. Ia menyatakan antusiasme masyarakat untuk mengikuti beragam kegiatan di rumah, mendorong pihaknya untuk berinovasi dengan menggelar program-program baru.

"Semoga kegiatan terbaru ini dapat diterima dengan baik oleh para penikmat seni, sehingga semakin banyak karya-karya yang dapat dihasilkan walau sedang di rumah," kata Renitasari dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Selasa, 12 Mei 2020.

Bagi yang tertarik dalam membuat dan membaca puisi, Galeri Indonesia Kaya menggelar kompetisi #PuisiDiRumahAja dengan mencantumkan caption puisi bertemakan 'Dari Balik Jendela' dengan foto apa saja di akun Instagram.

Dari seluruh puisi yang diunggah, akan dipilih 18 karya puisi terbaik yang berkesempatan untuk membacakan hasil puisinya secara live pada Rabu, 20 Mei 2020, pukul 20.00 WIB di YouTube IndonesiaKaya.

Kegiatan ini akan dipandu oleh Sita Nursanti ini, dan ditemani oleh Bentara Bumi (founder Malam Puisi Indonesia) dan Putri Minangsari (co-founder Unmasked - Poetry Open Mic) serta dimeriahkan oleh lantunan suara Louise Monique (vokalis Deredia).

Acara ini juga mengundang pembicara tamu untuk membacakan puisi karyanya. Tayangan perdana #PuisiDiRumahAja ini akan menghadirkan aktris Putri Ayudya dan Komunitas Perempuan dan Puisi, komunitas yang diprakarsai oleh Sari Madjid, Daisy Lintang, dan Untari dari Teater Koma, bagi seluruh perempuan yang ingin mengekspresikan rasa melalui puisi.

"Kegiatan ini menjadi wadah bagi siapa saja dengan berbagai latar belakang namun sama-sama memiliki kegemaran membaca puisi. Kegiatan #PuisiDiRumahAja ini menjadi alternatif bagi para penikmat puisi yang berada di mana saja untuk bertemu secara virtual dan bersama-sama membacakan karya mereka," ujar Putri Minangsari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Workshop Bersama Garin Nugroho

Sementara, bagi yang memiliki beragam ide kreatif, Galeri Indonesia Kaya membuka Workshop Online Ruang Kreatif bersama Garin Nugroho. Anda dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan mengirimkan tulisan ide kreatif yang dimiliki maksimal dua halaman.

Dari proposal yang masuk akan dipilih 100 peserta dengan ide kreatif terbaik. Para peserta terpilih dapat memilih salah satu Workshop Online Ruang Kreatif bersama Garin Nugroho, masing-masing berkapasitas 50 peserta.

Kelas pertama bertema 'Mengolah Ide Kreatif' pada Sabtu, 30 Mei 2020, pukul 14.00 - 15.30 WIB, atau “Dramaturgi Dalam Penyutradaraan” pada Sabtu, 6 Juni 2020, pukul 14.00 - 15.30 WIB.

Workshop Ruang Kreatif merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang rutin diselenggarakan sejak 2016 yang mempertemukan pelaku seni pertunjukan dengan seniman-seniman muda di berbagai daerah. Namun, kali ini pertemuan digelar secara virtual sehingga membuka kesempatan lebih besar bagi para seniman muda di berbagai daerah.

"Walau tidak bertatap muka secara langsung, semoga kegiatan ini tetap bermanfaat bagi para seniman muda Indonesia," ujar Garin Nugroho.

Syarat dan ketentuan mengikutip workshop online Ruang Kreatif tersebut bisa dicek di Instagram @indonesia_kaya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini