Perhatikan 3 Hal Ini Jika Ingin Memilih Lokasi Hunian yang Ideal

Oleh Herfianto pada 29 Mei 2020, 12:00 WIB
Diperbarui 29 Mei 2020, 12:00 WIB
20180108-lokasi investasi properti potensial

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum merencanakan membeli sebuah hunian adalah lokasi. Siapa sih yang tidak ingin punya rumah di wilayah yang strategis dan mudah diakses oleh kendaraan? 

Terkadang, hal ini kerap luput saat Anda akan membeli rumah, karena tergiur dengan harga yang murah. Lalu, apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih area rumah ideal agar mudah melakukan mobilitas sehari-hari? Mari simak ulasannya berikut ini.

1. Fasilitas Penunjang

Sebuah lokasi rumah dapat dikatakan ideal apabila Anda tidak perlu pergi terlalu jauh untuk berobat ke rumah sakit, sekolah, pergi ke pasar, dan mendapatkan hiburan seperti bioskop atau mal. 

Sebab, empat hal itulah di mana kehidupan sosial Anda akan berputar. Maka, sebaiknya perhatikan berapa jarak dan waktu tempuh ke tempat-tempat yang telah disebutkan tadi. 

Namun yang paling diutamakan dari semua area itu adalah sekolah. Karena tidak mungkin kan Anda pergi ke rumah sakit, pasar, atau mal setiap hari, tetapi anak Anda pasti pergi ke sekolah setiap hari. 

2. Aspek Aksesibilitas

Aspek aksesibilitas dalam memilih hunian juga harus diperhatikan. Aksesibilitas dapat dikatakan sebagai lokasi hunian yang strategis dan mudah untuk dijangkau oleh berbagai moda transportasi. Wilayah Jabodetabek sudah memiliki semua akses tersebut, baik transportasi pribadi atau umum. Selain itu, biaya transportasinya juga dapt dikatakan sangat bersaing. 

Anda juga sebaiknya hindari membeli hunian yang hanya dapat diakses melalui tol. Itu berarti, Anda harus memiliki mobil pribadi untuk selalu bisa sampai ke rumah lewat jalan tol. Belum lagi biaya bensin yang harus ditanggung. Biasanya, properti yang ada di lokasi tersebut harganya terbilang cukup murah. Jadi, sebaiknya jangan mudah tergiur.

3. Perkembangan Wilayah

Informasi mengenai perkembangan wilayah yang valid datang dari Pemda, Pemprov, Bappeda, atau bahkan Bappenas. Pengembang sebenarnya juga bisa memberikan informasi mengenai hal ini. 

Tapi, sebaiknya Anda harus pintar-pintar menyaring dan memverifikasi kembali tentang informasi tersebut dari pengembang karena pada akhirnya mereka juga akan berusaha menjual unit properti yang dibangun. Pasalnya, selalu ada developer nakal yang bisa jadi tak akan membangun sesuai promosi awal.

Itu tadi beberapa tips yang bisa Anda jadikan acuan dalam memilih lokasi rumah yang ideal. Lihat ulasan selengkapnya di channel Rumahdotcom yang ada di Vidio.

2 dari 2 halaman

Saksikan Videonya Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓