Sukses

Konsumsi Chia Seed Setiap Hari, Apa yang Bakal Terjadi pada Tubuh Anda?

Terlepas dari ukurannya yang kecil, chia seed nyatanya punya banyak manfaat untuk tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Terlepas dari ukurannya yang kecil, chia seed nyatanya punya banyak manfaat untuk tubuh. Konsumsinya kian menyenangkan karena bisa dipadankan dengan berbagai bahan, mulai dari buah sampai yoghurt.

Mengutip laman Medical News Today, Selasa, 12 Mei 2020, chia seed merupakan sumber omega-3, serat, antiokdisan, dan kalsium. 28 gram atau sekitar 2 sendok teh (sdt) chia seed mengandng 5,6 gram protein.

Dicampur dengan air, bahan ini disebut bisa jadi pengganti telur bagi para vegan. Chia seed umumya dikonsumsi dengan cara dimasak atau secara langsung. Tapi, cara terbaiknya adalah dengan ditambahkan ke makanan atau direndam air sebelum dikonsumsi.

Berdasarkan laporan Nutstop, takaran konsumsi yang direkomendasikan per hari adalah 2 sendok makan (sdm) untuk dewasa, dan 1,4--4,3 gram bagi anak usia 5--18 tahun. Anak di bawah 10 tahun jangan sampai mengonsumsi chia seed lebih dari 1 sdm per hari. Saat dikonsumsi secara rutin, apa yang bakal terjadi pada tubuh Anda?

1. Berat Badan Terjaga

Kaya akan vitamin B, menurut laporan Strait Times, chia seed membantu pembentukan metabolisme tubuh yang baik. Juga, kaya akan omega-6 yang membuatnya berkontribusi dalam menjaga berat badan ideal, pun menurunkannya.

2. Pencernaan Lancar

Kaya akan serat, konsumsi chia seed juga bakal melancarkan pencernaan. Kandungannya pun ampuh mengatasi sembelit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Tidur Lebih Nyenyak

Serotonin dan melatonin adalah dua hormon yang menunjang kualitas tidur. Mereka diproduksi dari tryptophan yang notabene merupakan salah satu kandungan chia seed. Karenya, konsumsi makanan berbasis tanaman ini akan membuat tidur lebih nyenyak dan tubuh rileks.

4. Kesehatan Jantung Terjaga

Kandungan omega-3s dan omega-6 di chia seed mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mengurangi peradangan, dan menurunkan tekanan darah, di mana semua faktor tersebut berkontribusi menjaga kesehatan jantung.

3 dari 5 halaman

5. Awet Muda

Kaya akan antioksidan membuat konsumsi chia seed memberi manfaat baik bagi kulit. Selain melembapkan, saat dikonsumsi secara rutin, bahan satu ini juga bisa bantu kulit melawan tanda penuaan, seperti keriput dan bintik hitam.

Manfaatnya akan kian sempurna dengan kandungan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit.

4 dari 5 halaman

6. Gigi Lebih Sehat

Kalsium dalam chia seed membantu tulang tetap kuat, sekaligus menjaga kesehatan gigi. Kalsium dalam chia seed ini membentuk magnesium, phosphorus, dan manganese untuk mendukung kekuatan gigi.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.