Sukses

Staycation Sambil Social Distancing, Menginap di Hotel Jadi Alternatif Pilihan

Sebelum memutuskan untuk staycation sambil social distancing di hotel, ada beberapa hal yang perlu kamu pastikan supaya dimanapun kamu berada tetap dalam kondisi aman dan baik.

Liputan6.com, Jakarta Munculnya kebijakan larangan mudik dan pulang kampung oleh pemerintah, praktis membuat masyarakat Indonesia tahun ini harus merayakan Lebaran dan Hari Raya Idul Fitri di kota masing-masing atau bahkan di rumah saja karena social distancing masih diberlakukan. Sebagian besar dari kita tentu merasa kecewa dan sedih dengan situasi saat ini.

Untuk mengatasi kebosanan dan merasakan suasana baru, beberapa orang sesekali memutuskan untuk berpindah tempat dan ke luar rumah. Maka dari itu, menginap di hotel bisa menjadi alternatif pilihan kamu dengan tetap menerapkan social distancing. Sebelum memutuskan untuk staycation sambil social distancing di hotel, ada beberapa hal yang perlu kamu pastikan supaya dimanapun kamu berada tetap dalam kondisi aman dan baik.

Double Check

Sebagian besar dari kita sekarang pesan hotel pasti lewat aplikasi. So, pilihlah aplikasi terpercaya yang juga menyediakan penilaian atau rating dari sebuah hotel. Dengan adanya rating tersebut kita bisa tahu seberapa besar atau baik kenyamanan, kebersihan, fasilitas dan keramahan para stafnya.

Rating kenyamanan dan kebersihan bisa jadi yang paling kamu soroti. Sebab, di tengah situasi saat ini kebersihan adalah hal mutlak yang harus dipatuhi pengelola hotel. Terlebih, pemerintah telah merilis Pedoman Layanan Hotel untuk Tamu Selama Masa Pandemi COVID-19 untuk memastikan pengelola hotel bisa menjaga tingkat kebersihan dan keamanan guna mengurangi dan memutus penyebaran COVID-19. Setelah menemukan hotel yang ditaksir, tak ada salahnya untuk menelpon bagian hotel untuk sekedar menanyakan SOP hotel di tengah pandemi. Dari penjelasan mereka, kamu bisa menilai seberapa aman hotel tempat kamu menginap.

Kemudahan Refund dan Reschedule

Untuk kenyamanan kamu, pilih hotel dan aplikasi yang memberikan kemudahan untuk mengubah jadwal menginap maupun gratis pembatalan. Sebab, kita tidak tahu apa yang akan terjadi di hari-hari ke depan. Dengan adanya kemudahan refund dan reschedule itu kita tak perlu khawatir kehilangan sejumlah uang maupun gagal staycation.

Manfaatkan Promo Lebaran

Untuk biaya penginapan hotel di situasi sekarang, kamu tidak perlu khawatir. Alih-alih mengeluarkan banyak uang untuk sarana akomodasi staycation, kamu bisa memanfaatkan Promo Ramadhan dan Promo Lebaran dari Traveloka. Sebut saja Worry Free Long Stay Promo sampai 33 persen, Ramadan Deals dengan free food dan laundry. Dengan kesempatan promo tersebut, kamu bisa memperoleh tempat menginap yang nyaman dan hemat untuk staycation. 

Protokol Menginap di Hotel

Setelah sudah memiliki pesanan hotel, langkah selanjutnya adalah memahami dengan betul protokol menginap di hotel. Sebelum kamu pergi, pastikan dalam keadaan sehat dan fit. Jika merasa flu atau demam sebaiknya menunda staycation. Selama perjalanan dan saat melakukan check in hotel pastikan selalu mengenakan masker, menjaga kebersihan tangan dan menjaga jarak dengan siapapun.

Sebelum memasuki hotel, pastikan juga ada petugas hotel yang mengecek suhu tubuh dan menyediakan hand sanitizer. Kehadiran keduanya menandakan bahwa pihak hotel telah melakukan SOP layanan hotel di tengah Covid-19. Selama di hotel, Anda sebaiknya menghindari fasilitas umum seperti gym, restoran, dan taman bermain. Jika butuh makanan dan minuman, pihak hotel akan memberikan layanan pengantaran ke kamar. Selengkapnya kamu bisa klik protokol menginap di hotel saat pandemi COVID-19.

Sudah siap staycation sambil Social Distancing. #JagaKesehatanDulu Traveloka Kemudian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.