Sukses

4 Tips Aman Belanja Online di Tengah Pandemi Covid-19

Jangan mudah terlena dengan tampilan gambar dan harga yang murah, sebagai pembeli kita tetap harus cerdas agar terhindar dari penipuan online dan barang-barang palsu.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi corona dan kebijakan physical distancing membuat banyak orang beralih profesi menjadi penjual online dan membuka toko online. Ditambah pemain lama, praktis persaingan jualan online semakin ketat. Semakin banyak penjual tentu menguntungkan pembeli karena semakin banyak pilihan barang dan harga jual barang ikut bersaing.

Namun, jangan mudah terlena dengan tampilan gambar dan harga yang murah, sebagai pembeli kita tetap harus cerdas agar terhindar dari penipuan online dan barang-barang palsu. Jadi, untuk belanja online tetap perhatikan beberapa hal berikut ini:

1.  Toko Online Terpercaya

Hal penting pertama adalah toko online itu terpercaya. Cara menilainya dari testimoni, review, dan rating yang dimiliki toko online tersebut. Untuk keamanan dan kepraktisan kamu bisa menemukan toko online di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee maupun Lazada. Jika ada masalah pemesanan, kamu akan dibantu oleh tim terkait, tidak pusing sendiri.

Sementara jika memilih belanja di toko online dari media sosial dan website, kamu juga harus lebih jeli dan teliti lagi. Harus jelas alamat, pemiliknya dan kontak yang bisa dihubungi. Jangan terkecoh dengan nama brand besar, karena ada toko-toko kloningan atau palsu yang menyerupai brand aslinya.

2. Cek dan Ricek

 Setelah sudah menemukan barang yang diinginkan, pastikan untuk cek dan ricek ya. Kesesuaian nama, barang dan foto. Deskripsi barang, informasi pengiriman dan keamanan barang serta kebijakan lain-lainnya. Jangan hanya baca 1 atau 2 testimoni dan review, lihat juga yang lainnya. Selanjutnya, bandingkan dengan toko online lain, apakah harganya wajar, kalau selisih terlalu tinggi sebaiknya hati-hati.

3. Tanya - Jawab Penjual

Selanjutnya jangan ragu untuk aktif bertanya kepada penjual. Meskipun dalam informasi telah disebutkan barang telah siap dan lain sebagainya. Tak ada salahnya, kamu menanyakan kembali. Sekaligus kamu juga bisa menanyakan hal-hal lain yang masih membuat kamu ragu. Respon penjual juga bisa menunjukkan seberapa baik dan sigap penjual dalam melayani dan memperlakukan barang pesanan kamu.

4. Cara Pembayaran Aman

Di kondisi sekarang ini transaksi online lebih aman, tanpa ada kontak fisik dengan memanfaatkan teknologi mobile banking maupun aplikasi dompet digital. Pembayaran belanja online melalui marketplace juga lebih menguntungkan karena banyaknya pilihan metode pembayaran. Mulai dari debit instan, kartu kredit, transfer virtual account, hingga saldo dompet digital. Untuk kamu yang gemar belanja online di Bukalapak dan Lazada ada kabar baik buat kamu.

DANA Bisa Mix Payment 

DANA sebagai salah satu metode pembayaran di Bukalapak dan Lazada sudah memiliki fitur Mix Pay. Ketika akan melakukan pembayaran dan ternyata Saldo DANA kamu tidak cukup, sekarang sudah bisa menggunakan fitur DANA Mix Pay. Transaksi dengan Saldo DANA bisa gabungkan dengan metode pembayaran lain yang tersedia, seperti OneKlik atau Kartu Debit/Kredit yang sudah tersimpan di aplikasi DANA. So, jadi semakin praktis dan mudah.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by DANA Indonesia (@dana.id) on

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika belanja online menyikapi semakin banyaknya penjual dan toko online. Selamat berbelanja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.