6 Fakta Menarik McD Sarinah yang Bakal Tinggal Kenangan, dari Rumah Kedua sampai Muhammad Ali

Oleh Henry pada 10 Mei 2020, 16:03 WIB
Diperbarui 10 Mei 2020, 16:13 WIB
McDonald's Sarinah Tumbang
Perbesar
Suasana gerai makanan cepat saji McDonals's komplek pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Jumat (8/5/2020). Gerai pertama McDonals's di Indonesia yang telah beroperasi hampir 30 tahun itu akan ditutup permanen pada 10 Mei 2020. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Gerai McDonald's atau McD pertama di Indonesia yang berlokasi di Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat, resmi ditutup mulai hari ini, Minggu (10/5/2020) mulai pukul 22.00 WIB.

Mereka menutup gerai di Sarinah Thamrin yang merupakakan gerai terlama di Indonesia.Penutupan dilakukan atas permintaan manajemen gedung Sarinah. Hal tersebut dibenarkan oleh Michael Hartono selaku Direktur Marketing Communication, Digital dan CBI McDonalds Indonesia.

"Bagi kami, McDonald’s Sarinah Thamrin adalah flagship store yang menjadi tonggak sejarah kehadiran McDonald’s di Indonesia. Namun bagi jutaan konsumen McDonald’s yang pernah singgah di restoran kami tersebut, McDonald’s Sarinah Thamrin adalah kenangan indah yang telah menciptakan jutaan momen berharga dan tak terlupakan," terang Michael dalam siaran persnya pada Fimela.com, 7 Mei 2020.

Tutupnya gerai McD Sarinah juga mengundang sejumlah respons, dan bahkan menjadi trending di Twitter. Banyak yang mengaku bahwa mereka memiliki kenangan-kenangan berkesan di restoran yang sudah berusia hampir 30 tahun itu.

Untuk kembali mengenang kehadiran restoran cepat saji tersebut, berikut enam fakta menarik seputar McD Sarinah yang bakal tinggal kenangan, yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Cabang McD Indonesia Pertama

McDonalds Sarinah pertama kali dibuka pada 23 Februari 1991 dan menjadi gerai McDonalds pertama di Indonesia. Sempat meninggalkan Sarinah Thamrin pada 2009, McDonald's kembali ke gedung ini pada 2011 berkat proses tender.

Dengan ditutupnya gerai Sarinah, McDonalds memastikan bahwa seluruh karyawan yang bekerja di gerai tersebut akan direlokasi ke gerai lain.

2. Memperkenalkan Menu Ayam dan Nasi Selain Burger

Seperti dikatakan Michael Hartono, McD Sarinah Thamrin merupakan restoran berkonsep flagship store. Pengertiannya, merupakan representasi dari sebuah brand yang lokasi tersebut dinilai paling unggul, bersejarah, atau tempat andalan untuk memperkenalkan inovasi-inovasi baru.

Jadi tak heran, kalau McD Sarinah kerap menjadi lokasi utama peluncura beragam inovasi maupun menu baru dari restoran tersebut. Salah satunya adalah menu ayam dan nasi. serta beragam menu-menu inovatif dan unik lainnya.

2 dari 6 halaman

3. Patung Ronald di atap Digusur

6 Fakta Menarik McD Sarinah yang Bakal Tinggal Kenangan
Perbesar
6 Fakta Menarik McD Sarinah yang Bakal Tinggal Kenangan. (dok.Instagram @darisarch/https://www.instagram.com/p/B_86WTvn-MR/Henry)

Rumah makan cepat saji ini sempat identik dengan maskot badut bernama Ronald. Untuk anak-anak, Ronald merupakan daya tarik tersendiri bagi mereka saat mengunjungi McDonald.

Saat ada perayaan ulang tahun, Ronald pastinya nggak pernah absen menghibur anak-anak. Selain itu, patung Ronald juga biasanya dipajang di depan restoran ini sehingga anak-anak pun bisa bermain ataupun sekadar berfoto dengannya. Bahkan di Sarinah Thamrin pernah ada patung Ronald di bagian atap yang ukurannya sangat besar.

Namun sekitar 2011, patung ini tak terlihat lagi. Hal itu tak hanya terjadi di gerai Sarinah, tapi juga di semua gerai McD di seluruh dunia. Kabarnya, Ronald dipensiunkan setelah lebih dari 550 praktisi dan organisasi kesehatan menandatangani sebuah surat yang ditujukan kepada perusahaan McDonald agar mereka berhenti mempromosikan junk food kepada anak-anak dan memberhentikan Ronald.

Akibat adanya tekanan dari kelompok internasional membuat pihak McDonald’s menganggap hal tersebut sebagai waktu yang tepat untuk perlahan-lahan menarik Ronald dari sorotan. Apalagi target utama mereka sudah berubah yaitu dari anak-anak ke orang dewasa.

Kini di semua gerai McD tak ada lagi patung Ronald. Meski begitu, sosok badut ini terkadang masih tampil dalam bentuk boneka maupun sosok badut yang menghibur anak-anak saat berulang tahun.

3 dari 6 halaman

4. Bagai Rumah Kedua

6 Fakta Menarik McD Sarinah yang Bakal Tinggal Kenangan
Perbesar
6 Fakta Menarik McD Sarinah yang Bakal Tinggal Kenangan. (dok.Instagram @mcdonaldsid/https://www.instagram.com/p/B_5T07JhhE0/Henry)

Letak restoran McDonald's yang persis di bagian depan Sarinah Thamrin menjadi spot terbaik untuk menikmati suasana. Dari sana, pengunjung dapat memperhatikan lalu lalang orang dan kendaraan di sepanjang Jalan MH Thamrin

Karena itu, banyak yang menganggap restoran ini sebagai rumah keduanya, apalagi sejak memakai konsep buka 24 jam. Seperti di rumah, pengunjung bisa makan sambil bekerja dan duduk-duduk di sana sampai larut malam, bahkan hingga hari berganti. Tentunya banyak kenangan yang dialami para pengunjung, seperti dialami Bobby, seorang warga Jakarta.

"Dulu waktu masih kuliah sampai kerja, kalau pulang malam sering mampir di McD Sarinah. Kadang janjian sama temen, kadang juga sendiri aja," kenangnya pada Liputan6.com, Minggu (10/5/2020).

Pengalaman hampir serupa juga dialami Naning, seorang karyawati swasta yang juga tinggal di Jakarta.

"Dulu waktu belum nikah, kalau ada acara di sekitar Thamrin dan pulang malam, pasti mampi ke McD Sarinah, ya buat sekedar ngobrol atau nyantai sambil makan. Malahan kalau ada acara sampai tengah malam pas weekend, saya nongkrong aja sama temen, soalnya lebih aman, terus paginya baru pulang ke rumah," tuturnya pada Liputan6.com.

4 dari 6 halaman

5. Pernah dikunjungi Muhammad Ali

Muhammad Ali di McD Sarinah
Perbesar
Muhammad Ali di McD Sarinah. (dok.Instagram @vjdaniel/https://www.instagram.com/p/B_62x4FnPJ4/Henry)

Petinju legendaris, Muhammad Ali, ternyata pernah mentraktir sekitar 100 orang Jakarta untuk sarapan di McDonald's Sarinah di sela-sela kunjungannya ke Indonesia pada 1996 untuk misi kemanusiaan.

Hal itu juga diketahui dari unggahan VJ Daniel di Instagram.  "Waktu Muhammad Ali makan di McDonald’s Sarinah Thamrin," tulis Daniel dalam unggahannya pada 8 Mei 2020.

Kabarnya, Ali yang waktu itu datang tanpa pengawalan dan hanya didampingi seorang temannya, diam-diam sarapan di McD Sarinah. Saat melihat banyak orang yang mendatanginya, ia pun mengatakan akan mentraktir semua yang ada di tempat tersebut yaitu sekitar 100 orang.

5 dari 6 halaman

6. Lokasi Syuting Video Klip Base Jam

Syuting Video Klip Base Jam di Mcd Sarinah
Perbesar
Syuting Video Klip Base Jam di Mcd Sarinah.(dok.Instagram @basejamofficial/https://www.instagram.com/p/B__ndZzFn27/Henry)

Gerai McD Sarinah pernah jadi tempat syuting beragam acara. Tapi yang cukup bersejarah adalah sebagai salah satu tempat syuting video klip grup Base Jam. Kemungkinan itu adalah video klip Indonesia pertama yang mengekspos gerai McD Sarinah sebagai tempat syuting.

Hal itu diketahui dari akun Instagram resmi Base Jam pada Minggu (10/5/2020). Mereka saat itu membuat video klip dari lagu 'Aku Jatuh Cinta' pada 1997 di sepanjang jalan Thamrin dan Sudirman, Jakarta Pusat.

Salah satu lokasi yang digunakan adalah bagian luar gerai McD Sarinah. Hal itu terlihat jelas dalam beberapa adegan di klip tersebut, dimana restoran cepat saji tersebut tersorot kamera. Hal ini semakin menegaskan betapa McD Sarinah menyimpan berjuta kenangan banyak orang.

6 dari 6 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by