Sukses

Para Pesohor yang Tetap Luncurkan Koleksi Lebaran di Tengah Anjuran di Rumah Aja

Desainer maupun artis tetap optimistis terkait situasi serba terbatas akibat pandemi corona dengan meluncurkan koleksi lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadan sudah memasuki pertengahan. Dalam beberapa minggu lagi, umat muslim akan merayakan lebaran. Meski di tengah pandemi corona Covid-19, tak ada salahnya untuk menyiapkan baju lebaran sejak sekarang.

Brand-brand fashion muslim, termasuk para desainer terkemuka Indonesia sudah mulai meluncurkan koleksi lebaran 2020. Bahkan ada yang sudah merilis koleksi untuk lebaran sebelum bulan puasa. Siapa saja mereka?

Dilansir dari beragam sumber, setidaknya ada enam desainer yang sudah merilis koleksi lebaran di tahun ini. Selain itu, mereka mendapat inspirasi dari beragam hal unik dan menarik.

Revalina S Temat

Pemain sinetron dan film Revalina S. Temat ternyata mulai terjun di bidang fesyen di akhir 2019. Namun saat baru merintis usaha hijab, pandemi corona Covid-19 menghadang.

Melalui akun Instagram, wanita yang akrab disapa Reva ini mengungkapkan kalau dirinya cukup terpukul karena pandemi yang belum kunjung berlalu.

"Baru aja launching scarf @revalinastory bulan desember kmrn. Baru aja ngerencanain mau bikin Grand launching,tapi memang manusia cuma bisa berencana. Semuanya Allah yang menentukan. Dan semua rencana Allah pasti baik," tulis Reva dalam unggahanya pada awal April 2020.

Warganet serta rekan artis lainnya pun turut memberikan semangat kepada Reva dan memuji kecantikannya saat memakai brand hijabnya.  Sebelum ada pandemi di Indonesia, wanita 34 tahun ini merilis koleksi hijab perdananya yang bertajuk World Mosque Series. Hijab dengan motif 8 masjid di dunia itu dibanderol dengan harga Rp235 ribu.

Meski membuat penjualan hijabnya menurun karena pandemi, Reva tetap semangat menjalankan bisnisnya tersebut.  Dalam koleksi terbarunya untuk menyambut lebaran, Reva meluncurkan koleksi hijab polos dengan bahan premium voal ultrafine dengan 7 pilihan warna dengan ukuran 118 x 118 cm.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Ivan Gunawan

Antusiasme Ivan Gunawan menyambut Ramadan dan Lebaran, membuatnya meluncurkan 80 koleksi bertajuk 'Buongiorno' yang terinspirasi dari sebuah kafe di Roma, Italia.  Kafe itu sempat didatanginya. Buongiorno sendiri memiliki arti selamat pagi.

Seluruh koleksi ini juga menggambarkan keromantisan budaya Italia, pemandangan serta arsitektur bangunannya.

"Biasanya, inspirasi modest wear datang dari Middle East atau India. Tapi, ternyata Italia bisa jadi inspirasi tanpa batas," terang Ivan, seperti dilansir dari laman dream.co.id.

Warna yang mendominasi koleksi ini adalah mustard, cokelat, pastel, hijau, pink dan biru. Bahan yang digunakan pun lebih variatif daripada koleksi sebelumnya.

"Saya mengeluarkan berbagai jenis bahan. Yang paling baru adalah sweater dan knit," ucapnya. Ia menambahkan detail mewah nan sederhana pada beberapa koleksinya dengan kristal dan payet. Penggunaan detail ini tidak mempersulit penyimpanan atau penyucian pakaian.

3 dari 7 halaman

Yuni Shara

Selain dikenal sebagai penyanyi dan pengusaha, Yuni Shara juga seorang desainer dan mempunyai lini fesyen YStore.  Untuk menyambut Ramadan dan Idul Fitri, Yuni Shara menunjukkan sesi pemotretan koleksi busananya itu melalui akun Instagram dan chanel Youtube.

Ia meluncurkan model pakaian kaftan, bentuknya longgar dan panjang. Namun ada yang sedikit berbeda di koleksinya di tahun ini.

"Bedanya dengan koleksi tahun lalu, kali ini kolaborasi kaftan dengan masker, jadi kita tetap bisa merayakan Ramadan dan Lebaran walaupun lewat video call, skype, dan alat komunikasi lainnya," tulis Yuni dalam keterangan di akun YouTube miliknya, beberapa waktu lalu,

Dalam sesi pemotretan koleksi kaftan berbahan satin itu, Yuni menunjukkan busana kafan dengan potongan kebaya. Yuni tampak menunjukkan kaftan warna olive dengan masker kain head lop warna senada.

4 dari 7 halaman

Barli Asmara

Desainer Barli Asmara kembali meluncurkan koleksi lebaran bertajuk 'Nalini', yang terinspirasi dari keindahan Negeri Anak Benua.  Nalini dalam bahasa Indonesia berarti 'Indah' merangkum segala aspek keindahan India dalam bentuk karya fashion.Desainer asal Bandung ini meluncurkan Nalini untuk menyambut momen spesial Idul Fitri.

"Koleksi RAYA 2020 by @barliasmara.id ini berangkat dari keindahan momen Ramadhan yang sebentar lagi akan kita sambut," tulis Barli di akun Instagramnya.

Koleksinya terdiri atas 22 maxi dress bergaya ultrafeminine dengan sentuhan romantis khas Barli Asmara. Ia kembali menggunakan bahan tulle, organza dan lace yang menawan.

Dalam kampanyenya busana itu dipadu bersama hijab dan kerudung khas India. Busana juga dilengkapi dengan sederet perhiasan emas bernuansa etnik.

Koleksi Nalani juga sudah digunakan oleh beberapa selebriti, seperti Nagita Slavina dan Nissa Sabyan yang memakai koleksi Nalani dalam video klip mereka yang bertajuk 'Ramadan'.

5 dari 7 halaman

Dewi Permata

Brand busana muslim Kiciks Muslimah telah meluncurkan koleksi lebaran yang terinspirasi kekayaan budaya Indonesia dengan motif tenun yang terinspirasi dari keindahan ranah timur dituangkan ke dalam rancangan pakaian nan apik.

Menurut desainer Kiciks Muslimah, Dewi Permata, sudah beberapa tahun ini konsisten mengangkat keindahan kekayaan dan kebudayaan di Indonesia. Ia terinspirasi beragam motif yang cantik dari Indonesia bagian timur yang memiliki kebudayaan yang indah.

"Koleksi Ranah Timur kami hadirkan untuk pecinta fashion busana muslim yang mulai mempersiapkan koleksi baju Lebaran 2020. Dirancang dalam motif tenun kaya warna seperti almond beige, winkle rose dan corcoal grey," terang Dewi Permata selaku desainer Kiciks Muslimah, seperti dikutip dari Fimela.

6 dari 7 halaman

Ria Miranda

Di tengah situasi sulit ini, Ria Miranda tetap berkreasi dan baru saja meluncurkan koleksi Raya bertajuk 'Nagari'. Menurut Ria begitu banyak makna yang tersirat dalam koleksi kali ini, kerinduan akan kampung halaman rupanya menjadi kenyataan.

Dilansir dari akun Instagramnya, dijelaskan kalau koleksi Nagari sebenarnya sudah direncanakan sejak beberapa bulan lalu. Namun, adanya wabah corona cukup menghambat proses produksi.

Ia juga mengungkapkan adanya motif Minang Heritage dalam koleksi terbarunya. Ada 15 looks yang terdiri dari kaftan, dress dan top. Koleksi Raya 2020 Nagari ini dihadirkan untuk keluarga atau biasa dikenal dengan istilah sarimbit, yaitu busana untuk anak perempuan, anak laki-laki, dan untuk pria dewasa. 

Koleksi Nagari Raya 2020 ini resmi diluncurkan pada 25 April 2020. Satu set busana koleksi Nagari by Ria Miranda dibanderol mulai Rp215 ribu sampai Rp1,1 juta.

7 dari 7 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini