Ketahui Peran Penting Glutathione untuk Merawat Kulit

Oleh Putu Elmira pada 04 Mei 2020, 09:01 WIB
Diperbarui 04 Mei 2020, 09:01 WIB
Ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta - Inovasi tiada henti terus dihadirkan di dunia perawatan kulit. Salah satu terobosan baru diperkenalkan oleh Natur-E lewat Natur-E White series dengan kandungan TruBright Complex. Formula ini terdiri empat elemen esensial yakni glutathione, ekstrak olive (zaitun), gigawhite, dan vitamin E.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, rangkaian perawatan kulit ini menawarkan produk holistik untuk mencerahkan warna kulit secara efektif sekaligus mempertahankan kesehatan alaminya.

Rangkaian perawatannya meliputi Natur-E White Brightening Hand and Body Serum dan Natur-E White Face Series yang di dalamnya terkandung formula TruBright Complex, serta Natur-E White Supplement yang melengkapi rangkaian ini. Kombinasi perawatan kulit dari luar dan dalam ini telah bersertifikat halal juga diformulasikan untuk menghasilkan kulit sehat.

"Sebagai merek perawatan kulit dari dalam dan luar yang terpercaya selama lebih dari 40 tahun di Indonesia, hari ini Natur-E memperkenalkan inovasi terbarunya, yaitu Natur-E White series dengan kandungan TruBright Complex," kata Marlia Hayati Goestam, President Director PT Darya-Varia Laboratoria Tbk.

Glutathione dan gigawhite merupakan dua kandungan yang paling penting di dalam TruBright Complex. Glutathione adalah antioksidan alami yang dibentuk di dalam tubuh dan berfungsi untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk memproduksi glutathione semakin berkurang, sehingga dapat mengurangi tingkat kecerahan kulit.

Sementara itu, gigawhite yang terkandung dalam Natur-E White Face Series dan Hand & Body Serum mengandung bahan aktif natural berasal dari daun peppermint dan enam bunga lainnya, yang memiliki efektivitas yang baik untuk mencerahkan kulit.

2 dari 3 halaman

Peran Masing-Masing Kandungan

Natur-E White
Natur-E White (dok. Istimewa)

Dermatologis dr. Shannaz Nadia Yusharyahya, SpKK (K), MHA, menerangkan kulit dengan warna yang cerah dan merata menjadi salah satu ciri kulit yang sehat. Ciri-ciri lainnya adalah kencang, lembut, lembap, halus, serta kenyal. Namun, kebanyakan kulit wanita Indonesia mengalami masalah hiperpigmentasi yang ditandai sebagian kulit yang menggelap atau terdapat vlek kecokelatan. 

"Kondisi kulit ini yang seringkali mengganggu penampilan bahkan mengurangi percaya diri," kata Shannaz.

Ia menyebut bahan-bahan alami seperti glutathione yang merupakan antioksidan yang terdapat dalam tubuh kita akan membantu menghambat proses pembentukan melanin. "Glutathione berfungsi menghambat eumelanin (zat yang menyebabkan kulit menjadi lebih gelap), menjadi pheomelanin (kulit yang lebih cerah)," tambahnya.

"Ekstrak Olive yang mengandung Hydroxytyrosol juga membantu meningkatkan glutathione dalam tubuh dan juga membantu menghambat pembentukan melanin. Vitamin E berfungsi menangkal radikal bebas dan melindungi sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas tersebut," jelas Nadia.

Glutathione juga berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Seperti yang dituturkan oleh dr. Michael Reo, Medical Manager PT Darya-Varia Laboratoria Tbk.

"Sistem kekebalan tubuh dapat berfungsi dengan optimal ketika sel lymphoid mempunyai kadar keseimbangan glutathione yang cukup. Sedikit saja perubahan pada kadar glutathione dapat memberikan efek yang signifikan dalam fungsi kerja limfosit," ungkapnya.

"Oleh karena itu, glutathione sangat dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh untuk dua alasan utama, yaitu melindungi sel-sel imunitas melalui mekanisme antioksidannya, serta memberikan fungsi yang optimal pada limfosit dan sel-sel kekebalan tubuh yang lain," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓