Sukses

Cerita Akhir Pekan: Mengintip Masakan Favorit dari Dapur Para Chef

Para chef memiliki masakan favorit, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Masakan Padang memang dicintai banyak orang. Tidak hanya masyarakat umum, tapi juga mereka yang terjun dalam dunia kuliner di Tanah Air, salah satunya chef Yuda Bustara.

"Makanan Padang itu kaya rasa, banyak pilihan yang disajikan. Ada sayuran, daging, ada juga jusnya," kata chef Yuda Bustara saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu, 2 April 2020.

Santan dan bumbu menjadi kunci kelezatan masakan Padang. Tak hanya bersantan, masakan Padang juga berminyak, yang kurang baik untuk kesehatan.

"Masakan sehat dan nggak sehat itu ya, masakan Padang. Tapi kita bisa memilih masakan itu," ujar Yuda.

Selain masakan Padang, Yuda memilih mi instan dan masakan Jepang. Bagi Yuda, rata-rata orang Indonesia sangat suka dengan mi instan.

Menurut Yuda, orang biasanya ingin sesuatu yang sederhana dan mudah, tapi sehat karena kaya nutrisi, seperti ada sayuran, ayam, telur.

"Kalau masakan Jepang itu kualitas bahannya bagus, baik ikan maupun nasinya," ujar chef Yuda Bustara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masakan Padang dan Manado

Selain Chef Yuda Bustara, Chef Vindex Tengker juga menyebut masakan favoritnya adalah masakan Padang. Masakan Padang itu, menurut Vindex disukai banyak orang, termasuk dirinya.

"Masakan Padang itu ada rendang, ayam bakar, telur, daun singkong, sambal hijau. Makanan itu pasti membuat saya tambah nasi dan kuah gulainya," kata Chef Vindex, saat dihubungi Liputan6.com pada Sabtu, 2 Mei 2020.

Untuk masakan-masakan yang biasa ia buat, di antaranya adalah ayam atau ikan woku, ayam tuturuga, brenebon, ikan rica, dan klappertart untuk dessert-nya.

Masakan-masakan itu ia buat karena pesanan banyak orang. Banyak orang yang suka masakan Manado itu karena pedas dan juga banyak rempahnya.

"Ayam woku itu banyak rempah sehingga segar karena banyak jahe, serai, dan rawit," kata Vindex.

Saat-saat awal, untuk membuat masakan itu, Vindex sendiri yang memilih rempah-rempah dan bumbu-bumbu. Ia bahkan harus mencari ayam sendiri untuk memasak ayam woku dan memilih ayam pejantan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.