Sukses

6 Cara Alami Atasi Dehidrasi pada Kulit

Dari minum sampai mandi, banyak cara sederhana untuk mengatasi dehidrasi pada kulit.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika kulit kehilangan nutrisi dan juga asupan cairan, kulit jadi tidak terhidrasi dengan optimal. Tinggal di ruangan yang terpapar oleh AC selama seharian penuh akan menyebabkan kondisi dehidrasi kulit semakin parah.

Untuk mengatasi masalah ini, sebenarnya ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan seperti berikut yang disusun tim Ngovee dari Jovee.

1. Meningkatkan Konsumsi Air Putih

Salah satu masalah utama yang menyebabkan dehidrasi pada kulit adalah dikarenakan kurangnya cairan pada tubuh. Saat cairan pada tubuh berkurang 10 persen, stratum corneum di epidermis kulit akan kekurangan NMF atau faktor kelembaban kulit.

Minum air putih sebanyak 2,5 liter setiap harinya telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan kulit. Hal ini telah dibuktikan lewat penelitian yang diterbitkan melalui International Journal of Cosmetic Science pada 2007.

Karena itu, para pakar kesehatan menyarankan agar Anda mengonsumsi air minimal sebanyak delapan gelas per hari agar tubuh sehat dan kulit terhidrasi.

2. Konsumsi Minuman Kaya Elektrolit

Karena produksi NMF pada stratum corneum sangat bergantung kepada jumlah cairan pada tubuh, Anda sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi cairan dengan kandungan elektrolit tinggi. Komponen pada cairan elektrolit yang dibutuhkan seperti magnesium, kaliumdan natrium.

3. Mandi dengan Air Dingin

Meski mandi dengan air hangat terasa sangat nyaman karena dapat merilekskan otot-otot tubuh yang kencang, nyatanya mandi menggunakan air dingin memiliki beragam manfaat untuk tubuh.

Salah satu manfaat utama dari mandi menggunakan air dingin adalah merangsang pori-pori pada kulit tertutup sehingga kulit akan lembab dan tetap terhidrasi seharian. Maka itu, hindari mandi menggunakan air hangat saat kulit kekeringan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Konsumsi Sayur dan Buah-Buahan

Sayur serta buah-buahan mengandung vitamin dan juga mineral yang baik untuk kesehatan kulit tubuh. Hal ini dikarenakan setiap vitamin serta mineral yang masuk ke dalam tubuh akan dialirkan pula ke kulit agar kulit lebih sehat.

Untuk meningkatkan kecantikan kulit, Anda disarankan agar mengkonsumsi sayur serta buah yang kaya vitamin E karena dapat menjagakelenturan dan kekenyalan kulit.

5. Menggunakan Pelembap

Untuk membantu mencegah kekeringan pada kulit, menggunakan pelembap setiap sehabis mandi dapat membantu menjaga kelembapan kulit secara alami. Anda juga sebaiknya mengenakan tabir surya untuk mencegah paparan UV dari sinar matahari.

6. Konsumsi Suplemen Kesehatan Kulit

Suplemen kesehatan kulit juga dapat membantu memperbaiki kondisi kulit yang sering mengalami dehidrasi. Untuk mencegah kulit mengalami dehidrasi, Anda bisa mengonsumsi suplemen mengandung vitamin D, E, dan juga multivitamin yang lainnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.