Sukses

Sederet Trik agar Tak Sakit Punggung Selama Kerja dari Rumah

Duduk terlalu lama selama bekerja dari rumah bisa membuat sejumlah bagian tubuh, termasuk punggung, jadi kaku dan akhirnya sakit.

Liputan6.com, Jakarta - Tak selalu serba mudah, kerja dari rumah pun punya tantangan tersendiri. Bukan hanya psikis, lantaran harus mengubah rutin, namun juga fisik. Satu di antara sekian banyaknya adalah sakit punggung.

Pasal, kebanyakan rumah tinggal tentu tak punya pengaturan selayaknya ruang kantor. Sebagian orang bekerja dengan hanya duduk di meja makan, meja biasa yang ada di ruang keluarga maupun ruang tamu, duduk di sofa, bahkan tempat tidur.

Dengan kebiasaan seperti itu, punggung jadi lebih mudah sakit, apalagi bila Anda duduk dalam waktu penjang dalam sehari, bisa delapan, sembilan, sepuluh jam, bahkan lebih.

Menurut Steve Knauf, Director Chiropractic and Compliance di The Joint Chiropractic, seperti dilansir dari laman American Spa, Jumat, 1 Mei 2020, berikut beberapa trik mencegah sakit punggung selama kerja dari rumah.

Perhatikan posisi layar

Pastikan layar komputer, laptop, atau alat apapun yang Anda gunakan untuk bekerja setara atau hanya sedikit lebih rendah dari garis pandang mata. Bila menggunakan laptop, pastikan posisi keyboard berada di tempat nyaman sehingga pundak Anda tak terangkat selagi mengetik.

Perhatikan posisi tubuh

Memperhatikan posisi tubuh akan membuat Anda mendapat postur lebih baik. Usahan duduk dengan posisi kaki membentuk 90 derajat. Juga, dekatkan siku ke tubuh, serta duduk dengan kaki menapak sempurna di lantai maupun media penopang lain.

Dengan begitu, bagian tubuh lain, termasuk pundak, akan lebih relaks selama kerja dari rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lakukan Peregangan Sederhana

Seiring waktu, otot akan kaku dan membuat sakit di bagian tertentu, termasuk punggung. Karenanya, Anda bisa melakukan peregangan sederhana setidaknya setiap dua jam sekali untuk membuat otot tak lagi tegang.

Seimbangkan antara duduk dan berdiri

Solusi termudah mengatasi ketegangan di bagian punggung adalah dengan tak membiarkan tubuh duduk dalam waktu lama. Karenanya, Anda harus menyeimbangkan kapan waktu duduk dan berdiri selama kerja dari rumah.

Bila bekerja di meja, berdiri setiap 30 menit. Kalau memungkinkan, Anda bisa memindahkan laptop ke meja tinggi yang membuat Anda sebentar bekerja sambil berdiri dalam.

Tapi, semisak tidak,  cukup bangun dari kursi setiap 30 menit sekali untuk megubah posisi leher dan tubuh bagian belakang selama duduk. Kemudian, coba lakukan gerakan tambahan di sela waktu tersebut, seperti naik tangga atau berjalan mengambil minum.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini