Sukses

5 Kiat Menepis Rasa Tertekan Selama di Rumah Aja

Terjebak di rumah saja selama pandemi membuat kita harus memperhatikan cara untuk mengatasi rasa tertekan.

Liputan6.com, Jakarta - Kehidupan terasa begitu banyak berubah ketika pandemi corona Covid-19 melanda. Kondisi yang mengharuskan untuk di rumah aja sebagai bentuk pencegahan, tak jarang membuat orang bosan dan merasa tertekan.

Berada di masa sulit seperti ini penting untuk mengetahui cara untuk mengatasi rasa tertekan yang menyelimuti diri. Berjuang untuk keluar dari keadaan ini agar semuanya dapat kembali baik-baik saja.

Apa saja yang perlu diketahui soal kiat menepis rasa tertekan selama Anda di rumah aja? Simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari Yourtango, Kamis, 30 April 2020 berikut ini.

1. Fokus dengan apa yang dimiliki

Apakah Anda menghabiskan sebagian besar hari memikirkan semua hal yang biasanya dimiliki dalam hidup? Bekerja, teman, kencan, gym? Semua itu telah menjadi bagian penting dalam hidup Anda yang mungkin Anda anggap remeh. Ketidakhadiran mereka bisa sangat menghancurkan.

Cepat atau lambat, hidup kita akan kembali normal dan Anda mungkin tidak akan pernah lagi memiliki kehidupan yang Anda miliki sekarang. Jadi, luangkan waktu sejenak untuk mengambil persediaan dari apa yang Anda miliki sekarang. Hal ini mungkin membantu Anda merasa tidak terlalu tertekan.

2. Punya harapan

Sulit untuk tidak merasa putus asa akhir-akhir ini. Anda berhadapan dengan hal baru yang belum pernah Anda hadapi sebelumnya, tanpa akhir yang mudah terlihat. Kehidupan yang Anda jalani saat ini, terisolasi secara sosial, di rumah aja, mengenakan masker, berjarak satu sama lain, tidak bepergian, tidak akan bertahan selamanya.

Mungkin butuh beberapa saat bagi hidup Anda untuk kembali seperti semula, tetapi itu akan kembali. Ketika itu terjadi, Anda akan dapat melanjutkan dan segera akan lupa bahwa ini bahkan merupakan bagian dari kenyataan di 2020. Jadi, miliki harapan. Saat ini tidak akan menjadi hidupmu selamanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Dapatkan vitamin D

Ketika orang mengunjungi dokter soal perasaan tertekan, salah satu hal pertama yang akan mereka lakukan adalah menguji kadar vitamin D. Kadar vitamin D yang rendah ditemukan pada banyak orang yang merasa tertekan.

Bagi banyak orang, suplemen dapat membuat semua perbedaan dalam perasaan Anda. Cara lain untuk mendapatkan vitamin D adalah keluar ke bawah sinar matahari. Karena waktu di luar terbatas, Anda mungkin memiliki kadar vitamin D yang rendah yang menyebabkan sebagian depresi Anda.

4. Alihkan perhatian Anda

Sayangnya, ketika Anda mengalami depresi, salah satu musuh terburuk adalah otak Anda sendiri. Ketika merasa tertekan, otak Anda sering terjebak dalam siklus pikiran negatif. Anda berpikir tentang betapa mengerikannya hidup Anda, bagaimana orang tua mengabaikan Anda, dan bagaimana Anda tidak punya teman.

Pikiran-pikiran semacam ini berputar-putar di otak Anda, membuat Anda tenggelam lebih dalam ke dalam depresi. Salah satu alat terbaik melawan depresi adalah mengalihkan otak Anda. Menonton film, membaca buku, berbicara dengan teman, mendengarkan musik. Semua hal ini akan menghentikan Anda dari hal-hal negatif.

5. Dapatkan bantuan

Salah satu bagian terpenting dari mengelola depresi adalah mengetahui kapan Anda perlu mendapatkan bantuan. Jika Anda mengalami depresi sebelum semua ini dimulai dan mendapati diri tenggelam lebih dalam, mungkin ini saatnya untuk menghubungi dokter Anda.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter melalui telepon atau panggilan video. Mereka mungkin dapat memberi Anda dukungan tambahan untuk membantu Anda melewati masa-masa ini.

Depresi dapat menelan korban jika tidak dikelola. Jangan biarkan depresi Anda mengambil alih hidup Anda. Pastikan Anda mendapatkan bantuan jika Anda membutuhkannya. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.