Musim Panas Tiba, Ribuan Warga California Menyerbu Pantai dalam Masa Pandemi

Oleh Putu Elmira pada 29 Apr 2020, 17:02 WIB
Diperbarui 29 Apr 2020, 17:02 WIB
Ilustrasi pasir pantai. (Liputan6.com/Raden Trimutia Hatta)
Perbesar
Ilustrasi pasir pantai. (Liputan6.com/Raden Trimutia Hatta)

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan orang memadati pantai-pantai di California Selatan akhir pekan lalu di tengah pandemi corona Covid-19. Hal ini terjadi meski telah ada perintah untuk tinggal di rumah di seluruh negara bagian yang dilaksanakan oleh gubernur bulan lalu.

Dilansir dari CNN, Rabu (29/4/2020), sementara pantai di Los Angeles dan San Diego County tetap ditutup, dan terbuka di Ventura dan Orange County. Namun, pengunjung pantai masih harus mematuhi pedoman dan pembatasan.

Hal tersebut termasuk menjaga tempat parkir tertutup guna mencegah pengunjung dari luar dan membatasi keramaian.

"Ini hari yang indah. Bagaimana Anda bisa menjaga siapa pun masuk?" kata Frank Feerini, orang yang berada di Pantai Huntington di Orange County kepada KABC Saturday.

Orang-orang menikmati pantai di tengah pandemi corona Covid-19 di Pantai Huntington, California, pada 25 April 2020. Cuaca seperti musim panas adalah daya tarik besar bagi banyak orang yang berbondong-bondong ke pantai.

Suhu mencapai 93 derajat fahrenheit atau sekitar 33 derajat Celcius di Los Angeles pada Sabtu, 25 April 2020. "Saya pikir orang-orang ingin keluar. Saya pikir mereka terkurung, saya pikir mereka akan gila," kata Feerini.

Pihak berwenang di Ventura dan Orange County melaporkan perilaku yang sangat baik oleh pengunjung pantai, yang mereka katakan sedang mengamati aturan jarak sosial setelah berminggu-minggu berdiam diri untuk memperlambat penyebaran virus.

"Orang-orang bersikap sangat kooperatif dan mengamati aturan jarak sosial, " kata Brian O'Rourke, kepala batalion penjaga pantai di Pantai Newport, kepada CNN.

2 dari 3 halaman

Ragam Kegiatan

Ilustrasi selancar
Perbesar
Ilustrasi selancar. Sumber foto: unsplash.com/Tim Marshall.

Pada Minggu, suhu sudah agak dingin di kawasan itu, tetapi tidak menghalangi orang-orang dari trekking ke pantai untuk berendam di bawah sinar matahari. Di Deer Creek Beach, tepat di utara garis Ventura County dan sekitar 13 mil sebelah barat Malibu, pengunjung pantai bermain dengan anjing mereka, mengarungi air dingin dan pergi berselancar.

Banyak yang tampaknya mengikuti panduan jarak sosial saat terlibat dalam kegiatan di luar ruangan. "Saya hanya melihat beberapa teman yang belum pernah saya lihat dalam enam minggu dan kami saling menyapa tetapi mempertahankan jarak sosial, " kata Nick Rosenfeld, yang tinggal di Malibu, kepada CNN.

Pantai-pantai di Los Angeles County lebih mirip kota hantu. Rumah tinggal, pantai, tempat parkir pantai, toilet, kamar mandi dan jalur akses akan tetap ditutup hingga 15 Mei. Jalur sepeda 22 mil yang membentang di sepanjang garis pantai LA County juga tertutup bagi pejalan kaki.

Tanda-tanda di Santa Monica, California, yang menghalangi jalan bertuliskan "penutupan sementara" dan "ketertiban kesehatan masyarakat. Area terbatas. Jangan masuk."

Di depan tempat parkir pantai, pesan pada tanda-tanda itu juga merupakan peringatan bagi penghuni dan pengunjung untuk menghindari, "banyak pantai dan pantai ditutup."

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓