Memilih Produk Pembersih yang Halal, Ramah Lingkungan dan Bernilai Kebaikan

Oleh Henry pada 28 Apr 2020, 22:02 WIB
Diperbarui 28 Apr 2020, 22:02 WIB
Yuliana Safriani, Senior Brand Manager Sahaja, PT Unilever Indonesia, Tbk.
Perbesar
Yuliana Safriani, Senior Brand Manager Sahaja, PT Unilever Indonesia, Tbk.. foto: dok. Alchemy

Liputan6.com, Jakarta - Di masa pandemi corona, kebersihan menjadi hal yang utama. Hal itu pun disadari perancang busana muslim Ria Miranda. Ia termasuk sosok yang sangat menjaga kebersihan termasuk area rumah terlebih jika ada anak-anak di dalamnya.  Dia pun mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan pada anak-anaknya.

"Kebersihan rumah penting, sehari-hari di rumah, ada baby juga. Rumah tempat pertama mengajarkan kebersihan pada anak, baru bisa dia belajar (menjaga kebersihan) di tempat lain," ucap Ria dalam peluncuran produk kebersihan Sahaja secara virtual, Selasa, 28 April 2020.

Menurut Ria, orangtua bisa mulai mengajak anak membersihkan rumah bersama, semisal mengepel lantai bersama, sembari menjelaskan pentingnya menjaga kebersihan pada mereka. "Dimulai dari kita, anak-anak gimana orang tuanya, kalau concerned pada kebersihan, insya Allah anak-anak ikut," sambung ibu tiga anak ini.

Belakangan ini, Ria juga membersihkan sajadah dan mukena menggunakan pembersih khusus walaupun tidak ke luar rumah. Agar mukena tetap awet, dia menganjurkan mencucinya menggunakan tangan.

Untuk memilih produk pembersih termasuk untuk rumah, Ria menekankan pentingnya aspek ramah lingkungan, halal dan ada nilai kebaikan saat menggunakannya.

Dalam kesempatan itu, Ustadzah Aini Aryani menambahkan, pentingnya mengajarkan anak kebersihan dengan memberinya teladan, bukan sekadar kata-kata.

"Ajarkan kebersihan sebagian dari kualitas iman. Anak pipis ajarkan cara membersihkannya dengan benar, cuci tangan yang benar. Mengajarkan anak tidak hanya efektif menggunakan kata-kata tetapi juga memberikan contoh dengan teladan," terangnya.

Aini menambahkan, sebelum melakukan pekerjaan seperti membersihkan barang-barang, awali dengan niat. Dengan begitu kita mendapatkan pahala dobel, yaitu menjaga kebersihan dan niat untuk ibadah.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4 Prinsip Utama Sahaja

Ria Miranda di jumpa pers online produk kebersihan Sahaja
Perbesar
Ria Miranda di jumpa pers online produk kebersihan Sahaja. foto: dok. Alchemy

"Misalkan saat membersihkan lantai, kita ucapkan niat untuk ibadah, supaya lantai bersih sehingga bisa digunakan untuk salat dan ibadah lainnya. Kalau kita ibadah di tempat yang bersih, kan bisa lebih fokus dan nyaman ibadahnya. Lebih bagus lagi kalau kita memakai produk yang halal," ujarnya.

Salah satu produk yang sudah mendapatkan sertifikasi halal adalah Sahaja yang baru saja meluncurkan empat produk sekaligus yaitu cairan pencuci piring, pembersih lantai, spray pembersih untuk sajadah dan mukena serta pembersih disinfektan untuk sajadah dan mukena yang dipakai sebelum mencuci sajadah dan mukena.

Menurut Yuliana Safriani selaku Senior Brand Manager Sahaja, PT Unilever Indonesia, Tbk, ada empat prinsip utama dari Sahaja.

"Yang pertama berbagi untuk sesama, karena hasil penjualannya akan kita sumbangkan 2,5 persen bagi yang membutuhkan. Kita juga membagikan produk ini ke ratusan pesantren. Kedua, produk ini ramah lingkungan dan kemasan botolnya juga bisa didaur ulang. Ketiga, sesuai untuk keluarga dan keempat, bahan-bahannya halal dan kita sudah dapat sertifikat halal dari MUI," jelas Yuliana.

Wanita yang akrab disapa mbak Ana ini berharap, masyarakat bisa percaya pada Sahaja untuk menjaga kebersihan rumah mereka. "Kita juga berharap bisa membantu lewat produk-produk kita dan mudah-mudahan bisa memberi berkah," tutupnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓