Sukses

5 Cara Meningkatkan Mood Selama Pandemi Corona Covid-19

Di tengah pandemi corona Covid-19, penting pula Anda untuk menjaga dan meningkatkan suasana hati.

Liputan6.com, Jakarta - Tetap menjadi pribadi yang positif dan ceria di tengah pandemi corona Covid-19 memang bukanlah perkara mudah. Ada begitu banyak pergeseran mulai dari perekonomian yang jatuh hingga pola gaya hidup.

Kendati demikian, penting untuk menjaga hingga meningkatkan mood atau suasana hati di masa krisis. Ada beberapa cara sederhana yang harus dilakukan setiap hari untuk menjaga semangat tetap stabil.

Lalu, apa saja langkah untuk meningkatkan mood di masa pandemi ini? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari Health, Selasa, 28 April 2020 di bawah ini.

1. Tahu apa yang membuat diri bahagia dan lakukan lebih sering

Hal ini menjadi sangat sulit untuk dilakukan, namun dapat membantu untuk mengingat kembali ke rutinitas normal Anda sebelum pandemi, lalu mempertanyakan apa yang membuat Anda bahagia.

Contohnya bisa menghabiskan waktu dengan anggota keluarga, berolahraga, atau lebih rajin dalam beribadah. Setelah Anda mengidentifikasi apa yang membuat Anda bahagia, buat rencana untuk lebih banyak melakukannya.

"Kedengarannya sederhana, (tetapi) ini adalah jenis perawatan," kata Shannon O'Neill, asisten profesor psikiatri di Mount Sinai Hospital di New York.

2. Ingat bersyukur

Di masa pandemi corona Covid-19, ada begitu banyak berita kurang menyenangkan beredar. Meski begitu, Anda dapat menyeimbangkan skala berita positif dan negatif dalam hidup Anda. Selain itu, penting untuk tetap bersyukur setiap hari dengan apa yang kita miliki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Perlakukan diri Anda spesial, terutama di pagi hari

Terjebak dalam karantina dapat menyebabkan Anda mengembangkan rasa pengulangan yang menyebalkan. Bangun dan melakukan hal yang sama persis hari demi hari bisa melelahkan, terutama di pagi hari, ketika Anda bangun dengan kenyataan ini lagi.

Cara yang baik untuk mengatasi hal ini mungkin dengan memanjakan diri Anda dengan sesuatu di rutinitas pagi Anda.

4. Gunakan energi untuk kreativitas

Melakukan sesuatu yang kreatif benar-benar dapat membantu Anda melewati masa sulit karena itu mengganggu Anda, terutama jika memilih latihan kreatif yang memaksa Anda untuk mempelajari keterampilan baru.

"Kreativitas membantu Anda fokus pada sesuatu yang menarik perhatian Anda," kata Dr. O'Neill. Karena itu, jangan membuat aktivitas kreatif apa pun yang Anda coba menjadi latihan yang kompetitif.

Ketika mencoba hal-hal baru dapat menjadi gangguan yang menyegarkan, penting untuk tidak terjebak dalam perangkap membandingkan bagaimana Anda menghabiskan waktu karantina Anda dengan cara orang lain menghabiskan waktu mereka.

Prioritas nomor satu Anda saat ini harus menjaga diri Anda sehat, jangan berlomba untuk menjadi yang terdepan.

5. Jadwalkan waktu untuk khawatir

Menjadwalkan waktu untuk khawatir adalah praktik berbasis bukti yang digunakan oleh beberapa pasien dengan kecemasan, kata Dr. O'Neill. Tapi, ini tidak berarti Anda bisa memilih waktu acak sepanjang hari untuk terjebak dalam berita buruk yang Anda dengar.

Pilih slot waktu 20 menit setiap hari untuk membuat Anda khawatir. Dapatkan sedetail mungkin, bahkan hingga merencanakan kursi yang akan Anda duduki dan apa yang akan Anda lakukan selama waktu ini.

Gunakan waktu khawatir yang dialokasikan untuk khawatir tentang segala sesuatu yang membuat Anda gugup, tetapi atur timer agar Anda tahu untuk mematikannya ketika waktu khawatir sudah berakhir.

Kuncinya adalah hanya khawatir pada saat khawatir, ini tidak akan membantu Anda jika Anda membiarkan diri Anda tetap khawatir selama sisa hari itu.

 
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini