Makna Gaya Rambut Kim Jong Un yang Unik dan Ikonik

Oleh Henry pada 28 Apr 2020, 16:02 WIB
Diperbarui 28 Apr 2020, 16:02 WIB
Kim Jong-un
Perbesar
Gambar tak bertanggal yang dirilis pada 9 Oktober 2019, pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un mengunjungi ladang pertanian No. 1116 dari KPA Unit 810 di lokasi yang dirahasiakan. Ini merupakan penampilan perdana Kim Jong-un sejak perundingan nuklir dengan AS tidak mencapai titik temu. (KCNA VIA KNS/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Sosok pemimpin Korea Utara Kim Jong Un kerap menjadi pembicaraan. Bukan hanya kiprahnya dalam dunia politik, tapi juga potongan rambutnya yang khas.

Sejak menjadi pimpinan tertinggi negara komunis tersebut pada 2011, pria yang diisukan sudah meninggal dunia ini memang kerap tampil dengan gaya rambut unik dan eksentrik.

Model rambut Kim Jong Un disebut mini bouffant yaitu selalu tersisir rapi ke belakang dengan polesan gel yang cukup melimpah. Bagian samping dan belakang dipangkas lebih tipis, sehingga rambut tebal hanya ada di bagian tengah.

Gaya rambut ikonik ini kabarnya terinspirasi dari kakeknya Kim Il Sung. Seperti dilansir dari GQ, Selasa (28/4/2020), Kim Jong Un sangat mengagumi sosok pendiri Korea Utara itu.

Dengan memiliki gaya rambut mirip sang kakek, dia berharap bisa meraih kekuasaan dan disegani seperti Kim Il Sung. Pada 2015, seorang sumber di Pyongyang mengungkapkan kalau para pria di Korea Utara diperintahkan memotong rambutnya seperti Kim Jong Un.

Dikutip Business Insider dari Chosun Ilbo, pihak berwenang melarang pria memanjangkan rambutnya lebih dari 2 cm. Mereka hanya dibolehkan memiliki gaya rambut sesuai yang telah ditentukan.

15 Gaya Rambut

Kim Jong-un Kembali Tinjau Pabrik Kentang di Samjiyon
Perbesar
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un saat meninjau kabupaten Samjiyon County di Provinsi Ryanggang yang berbatasan dengan China, (4/4). (AFP Photo/KCNA VIA KNS)

Namun berdasarkan pengalaman seorang reporter saat berkunjung ke salah satu tempat pangkas rambut di Korea Utara, gaya rambut ala Kim Jong Un tidak terdapat dalam pilihan foto yang dianjurkan. Warga Korea Utara ternyata bisa memilih 15 gaya rambut yang telah disetujui pimpinan.

Berdasarkan foto yang diunggah reporter bernama Mika Makelainen tersebut di Twitter, dari 15 gaya rambut, tidak ada satu pun yang mirip dengan potongan rambut seperti Kim Jong Un.

Kim Jong Un pertama kali tampil dengan gaya rambut bouffant 'trapesium' pada Februari 2015. Saat itu, potongan rambutnya langsung jadi perhatian publik.

Beberapa media bahkan membuat penyebutan sendiri untuk menggambarkan gaya rambut Kim Jong Un. CNN misalnya, menyebutnya sebagai 'power haircut'. Sementara, Telegraph dan New York Post menamainya gaya rambut 'ambisius'.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Bertani di Atas Masjid