Sukses

Desainer Filipina Bocorkan Tampilan APD Awak Kabin AirAsia Rancangannya

AirAsia dilaporkan akan kembali membuka penerbangan di Malaysia, Thailand, Indonesia, India, dan Filipina.

Liputan6.com, Jakarta - AirAsia telah memperkenalkan alat pelindung diri (APD) yang akan dipakai petugas kabin mereka selama penerbangan.

Melansir laman Daily Mail, Selasa (28/4/2020), busana dari ujung kepala sampai kaki ini merupakan hasil kolaborasi dengan desainer asal Filipina yang sekarang tinggal di Los Angeles, Amerika Serikat, Puey Quinones.

Terdiri dari setelan, masker medis, dan pelindung wajah, APD memanfaatkan warna khas maskapai, yakni merah-putih ini telah dikenakan dalam penerbangan Bangkok ke Manila pada Jumat, 24 April 2020.

Dilaporkan bahwa keamanan APD petugas kabin AirAsia ini telah disahkan Departemen Kesehatan Filipina.

Berdasarkan keterangan di akun Instagram Quinones, sang desainer juga tengah sibuk merancang APD, tak hanya untuk perusahaan seperti AirAsia, namun juga sejumlah rumah sakit di masa pandemi corona COVID-19.

"AirAsia launches PPEs to protect its cabin crews. Designed by me (AirAsia merilis APD unuk melindungi petugas kabin mereka. Didesain oleh saya)," tulis Quinones sebagai keterangan unggahan, beberapa waktu lalu. 

APD ini disebutkan akan dipakai awak kabin, baik dalam penerbangan domestik maupun internasional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bakal Kembali Beroperasi

AirAsia dilaporkan akan mulai kembali melayani penerbangan di Malaysia terhitung 29 April, diikuti Thailand pada 1 Mei, disusul di India di 4 Mei, kemudian Indonesia 7 Mei, dan Filipina pada 16 Mei, tergantung persetujuan pihak berwajib.

Hingga kini, belum ada pengumuman kapan penerbangan jarak jauh, termasuk ke Inggris Raya dan beberapa negara lain di Eropa, akan kembali beroperasi.

Penerbangan, dari sekian banyak bisnis, jadi salah satu yang harus paling keras menahan benturan akibat pandemi corona COVID-19. Berdasarkan laporan Strait Times, Singapore Airlines baru-baru ini melaporkan pembatalan penerbangan hingga 96 persen sampai akhir Juni.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini