Tutorial Membuat Pizza Tutut ala Susi Pudjiastuti

Oleh Komarudin pada 28 Apr 2020, 06:01 WIB
Diperbarui 28 Apr 2020, 06:01 WIB
Susi Pudjiastuti

Liputan6.com, Jakarta - Susi Pudjiastuti kembali mengunggah video tentang aktivitasnya. Sebelumnya, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) itu mengungkapkan bahwa dirinya suka makan tutut dan yuyu kepi (kepiting kecil). Kali ini, ia mengunggah tentang tutorial membuat pizza dari tutut.

"Tutorial Memasak Pizza Tutut. Yang penasaran resep pizza tutut, ini dia tutorialnya. Semoga mudah diikuti dan semua bisa mencoba pizza tutut / keong sawah 😋😋," kata Susi Pudjiastuti, Minggu, 26 April 2020.

Dalam video terbarunya itu, Susi memperlihatkan puluhan keong sawah. Ia membelinya dari bapak-bapak dan ibu-ibu yang mencarinya di sawah.

"Biasanya, sawah yang ada keongnya ya yang tidak pakai pestisida karena kalau pakai pestisida pasti mati keong-keong ini," ujar Susi.

Biasanya, lanjut Susi Pudjiastuti, orang Pangandaran memakai keong untuk bebek saja. Ia suka dengan keong, sehingga sayang untuk makan bebek.

2 dari 3 halaman

Cara Memasak

Susi Pudjiastuti
Susi Pudjiastuti membuat pizza dari tutut yang dibelinya Rp15 ribu per kilogram di Pangandaran (Dok.Instagram/@susipudjiastuti115/https://www.instagram.com/p/B_cM6wbHITy/Komarudin)

Cara memasak keong sawah, menurut Susi Pudjiastuti, lebih dulu dicuci bersih agar hilang lumpur-lumpurnya. Setelah itu, siapkan air panas, diberi garam dan sedikit cuka.

Selanjutnya, keong sawah itu dimasukkan ke dalam rebusan air yang telah diberi garam dan cuka. Kemudian tunggu sampai mendidih.

"Setelah mendidik dua-tiga menit, nggak usah lama-lama, kemudian diangkat. Setelah diangkat, kita coplekin, jadinya daging seperti ini," ujar Susi.

Daging keong sawah bisa disimpan di dalam kulkas untuk stok besok. Menurut Susi, ia membeli keong sawah di Pangandaran hanya Rp15 ribu per kilogram.

"Ya kemudian, kita simpan dagingnya. Makan enak. Untuk dioseng, dibumbu kuning, diopor, dibumbu rujak," ujar Susi.

"Nah, kemarin saya pikir pizza karena pizza ada yang pakai kerang-kerang dan enaknya luar biasa, tidak bau tanah, tidak bau, tidak ada bau lumut. Pokonya enak sekali. Pokoknya keong sawah luar biasa," imbuh Susi.

Bersama cucunya, Susi kemudian menyiapkan tepung, mentega, dan irisan daging, hingga menjadi adonan pizza. Adonan pizza itu kemudian dipanaskan dalam oven yang sudah diberi beragam bumbu, termasuk keong sawah. Tak berapa lama, pizza tutut pun siap disajikan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini :

Lanjutkan Membaca ↓