Sukses

Selain Corona, 4 Penyakit Ini Bisa Dicegah dengan Cuci Tangan

Bukan hanya saat wabah corona saja kita rajin cuci tangan, namun juga nanti saat pandemi sudah berakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Selama pandemi corona Covid-19 berlangsung, salah satu cara paling mudah dalam mencegah penyebaran virus ini adalah dengan rutin cuci tangan dengan sabun dan air.

Jika anda tidak memiliki sabun, Anda bisa membersihkan tangan dengan cairan yang mengandung alkohol minimal 60%. Meski kurang efektif, cara ini bisa memperlambat perkembangan kuman hingga anda menemukan fasilitas untuk mencuci tangan.

Namun mencuci tangan dengan sabun tetap jadi cara efektif mencegah corona. Padahal, bukan hanya saat wabah corona saja kita rajin cuci tangan, namun juga nanti saat pandemi sudah berakhir.

Karena ternyata, ada empat penyakit yang bisa dicegah dengan cuci tangan. Dilansir Thehealthsite, berikut penyakit yang bisa dicegah dengan rutin cuci tangan.

Penyakit pernapasan

Anda juga harus mencegah terjadinya penyakit pernapasan. Terutama saat kondisi imunitas menurun. Nantinya penyakit menular lewat pernapasan juga akan memicu flu, batuk dan sakit tenggorokan yang harus dicegah.

Infeksi tenggorokan

Sebelum makan, biasakan cuci tangan. Kalau Anda makan apapun tanpa mencuci tangan, bakteri yang ada di tangan masuk ke tubuh. Akibatnya, makanan tersebut beserta bakteri ikut masuk melalui tenggorokan, yang bisa memicu infeksi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diare

Diare termasuk salah satu masalah pencernaan yang harus segera diobati. Penyakit ini biasanya disebabkan karena virus yang menginfeksi sistem pencernaan.

Karena itu, setelah melakukan kegiatan apapun sebaiknya cuci tangan dengan sabun, lalu bilas dengan air bersih.

Hepatitis B

Salah satu langkah penting untuk mencegah penyakit menular seperti hepatitis B atau penyakit kuning adalah dengan cuci tangan. Pastikan sanitasi di sskitar rumah Anda memadai. Dengan begitu, semua bakteri di sekitar tak menginfeksi diri Anda dan keluarga.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini