Sukses

Tips Aman Mengeringkan Tangan Usai Cuci Tangan

Jangan anggap dengan cuci tangan maka Anda akan langsung aman dari virus dan bakteri.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu kebiasaan baru sebagian besar warga dunia adalah mencuci tangan. Cuci tangan dengan air dan sabun jadi langkah yang sangat penting untuk mencegah penularan wabah corona Covid-19.

Cuci tangan dengan sabun juga diklaim lebih ampuh mencegah virus dan bakteri dibandingkan menggunakan hand sanitizer. Meski begitu, jangan anggap dengan cuci tangan maka Anda langsung aman dari virus dan bakteri. Karena langkah setelahnya juga tak kalah penting.

"Usai cuci tangan, yang terpenting adalah mengeringkan tangan seluruhnya," jelas dokter dan pakar kesehatan Nesochi Okeke-Igbokwe, MD, seperti dilansir dari Reader's Digest.

[bacajuga:Baca Juga](4233613 4237876/ 4237010)

Alasannya, tangan yang basah lebih mudah dihinggapi maupun menyebarkan bakteri, dari air yang digunakan untuk cuci tangan. Menyentuh sesuatu dengan tangan yang basah bisa membuat benda tersebut terkontaminasi bakteri.

David Cutler, MD, dokter keluarga dari Providence Saint John's Health Center di Santa Monica, California, Amerika Serikat, menyatakan bahwa bakteri lebih mudah berpindah saat tangan dalam keadaan basah ketimbang kering.

Jadi, Anda perlu menyediakan tisu toilet atau handuk kering di dekat wastafel atau pintu kamar mandi.

Sejumlah penelitian menunjukkan, cara paling higienis untuk mengeringkan setelah cuci tangan adalah memakai tisu atau kertas toilet, karena dapat menyerap cairan dengan cepat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Handuk Lebih Baik

Bisa juga dengan memakai handuk tapi pastikan handuk yang digunakan rutin dicuci setiap minggu dan tidak ditaruh di tempat lembap. Sedangkan mesin pengering dianggap cukup praktis tapi kurang terjaga kebersihannya karena biasanya berada di tempat umum.

Menurut Nesochi, mengeringkan tangan dengan handuk bersih dianggap lebih baik dari cara diangin-anginkan. "Tujuan utamanya untuk memastikan Anda tidak mengontaminasi ulang tangan dengan bakteri dalam proses mencuci atau mengeringkan tangan" terangnya.

Namun jika tidak tersedia tisu atau handuk di dekat Anda setelah cuci tangan, menunggunya sampai kering sendiri, bisa jadi opsi paling akhir.

Dengan catatan, Anda tidak menyentuh benda apapun selama tangan Anda masih basah. Intinya adalah, mengeringkan tangan lebih dahulu, baru aman untuk menyentuh benda-benda yang lain.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini