7 Cara Simpel Tingkatkan Sistem Imun, dari Banyak Tidur hingga Tertawa

Oleh Putu Elmira pada 24 Apr 2020, 22:03 WIB
Diperbarui 24 Apr 2020, 22:03 WIB
Ilustrasi Tidur
Perbesar
Ilustrasi tidur (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona Covid-19 telah mengubah kehidupan seantero jagat. Tak terkecuali soal kesehatan dan memikirkan langkah-langkah yang tepat untuk meningkatkan imun tubuh.

Dilansir dari Yourtango, Kamis, 23 April 2020, selain cuci tangan dan mengenakan alat pelindung saat pergi ke luar rumah, penting untuk menerapkan gaya hidup sehat untuk meningkatkan sistem kekebalan.

Apa saja cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan imun tubuh? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti di bawah ini.

1. Tidur lebih banyak

Jika Anda punya lebih banyak waktu, gunakan untuk tidur. Selama beristirahat, tubuh Anda menghasilkan protein yang disebut sitokin, yang beberapa di antaranya membantu meningkatkan tidur.

Perlu ditingkatkan ketika Anda memiliki infeksi atau peradangan. Jika Anda tidak mendapatkan istirahat yang cukup, kadar protein ini berkurang, dan Anda akan lebih cenderung jatuh sakit.

2. Olahraga ringan

Tubuh Anda terdiri dari lebih dari 100 triliun sel. Beberapa di antaranya adalah sel pembunuh alami yang mencari dan menghancurkan penjajah asing seperti virus. Ketika Anda berolahraga keras untuk jangka waktu terbatas, seperti 30--45 menit, kadar leukosit meningkat secara substansial.

Sebelumnya, para peneliti berpikir bahwa dalam masa pemulihan, tubuh Anda mengurangi jumlah sel-sel ini. Namun, interpretasi baru menunjukkan bahwa ini menavigasi ke jaringan perifer untuk pengawasan.

3. Konsumsi bahan makanan penuh warna

paprika
Perbesar
ilustrasi paprika/Photo by Vishang Soni on Unsplash

Fitonutrien adalah senyawa kimia pada tanaman yang memberi mereka warna cerah. Mereka juga memainkan peran penting dalam kesehatan manusia. Misalnya, allicin, senyawa belerang yang ditemukan dalam bawang putih, memiliki sifat antibakteri dan anti-kanker.

Lycopene dari paprika merah terang dan tomat membantu meningkatkan ketajaman visual. "Memakan bahan-bahan penuh warna" memastikan Anda mendapatkan spektrum penuh dari pejuang kuman kecil namun kuat ini yang akan segera meningkatkan kekebalan Anda.

4. Konsumsi lebih banyak vitamin C dan zinc

Baik vitamin C dan zinc dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh Anda. Sementara para pejabat memperingatkan bahwa suplemen vitamin C saja tidak akan melindungi Anda dari virus corona, itu bisa membantu Anda pulih lebih cepat.

Satu ulasan menemukan bahwa orang yang mengambil suplemen sementara mereka pilek mengurangi waktu pemulihan mereka sebesar 8 persen.

5. Tertawa

Ilustrasi Tertawa
Perbesar
Ilustrasi tertawa (dok. Pixabay.com/Pexels/Putu Elmira)

Pola pikir positif dapat membantu Anda mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Tertawa membatasi kadar hormon stres seperti kortisol dalam darah Anda.

Hal ini juga meningkatkan jumlah sel darah putih, termasuk sel pembunuh alami. Jika Anda memiliki waktu ekstra, saksikan acara komedi untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

6. Terhidrasi

Selaput lendir Anda berfungsi sebagai garis pertahanan pertama Anda melawan penjajah. Jika mereka mengalami dehidrasi, mereka tidak dapat melaksanakan pekerjaan mereka secara efektif.

Pastikan Anda minum banyak air untuk meningkatkan kekebalan Anda. Selain itu, jauhi alkohol karena dapat melemahkan sistem kekebalan dan membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi.

7. Kurangi stres

Salah satu caranya adalah dengan fokus pada apa yang dapat Anda lakukan. Jika Anda di rumah saja, mengapa tidak menggunakan waktu ini untuk membersihkan resume Anda?

Cara lain untuk menghilangkan stres termasuk yoga, meditasi, dan perawatan diri. Langkah-langkah penghilang stres ini tidak mengharuskan Anda mengeluarkan uang sepeser pun, belum lagi itu membantu Anda pada saat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓