Peluk Pohon Bisa Redakan Stres Selama Pandemi Corona Covid-19

Oleh Henry pada 23 Apr 2020, 04:02 WIB
Diperbarui 23 Apr 2020, 04:02 WIB
Ilustrasi Orang Peluk Pohon
Perbesar
Ilustrasi Orang Peluk Pohon (iStockphoto)​

Liputan6.com, Jakarta - Selama pandemi corona Covid-19, banyak orang harus berada di rumah saja. Berbagai kegiatan harus dilakukan di rumah, mulai dari bekerja, belajar, beribadah sampai hanya sekadar bermain. Situasi itu sepertinya membuat banyak orang merasa stres karena terlalu lama berdiam di rumah.

Meski begitu ada berbagai tips mengurangi stres. Namun tips yang satu ini agak unik dan bahkan terkesan nyeleneh. Dilansir dari Lonely Planet, layanan kehutanan Islandia menyarankan warga untuk memeluk pohon selama lima menit setiap harinya agar tidak terlalu stres karena sering di rumah.

Tips ini mungkin agak aneh tapi menurut beberapa penelitian, memeluk pohon akan membuat orang merasa lebih tenang. Bagian yang paling sulit dalam masa physical distancing dan isolasi mandiri adalah pemisahan orang secara fisik.

Selama masa isolasi mandiri, orang jadi jarang berpelukan. Kita pun merindukan sentuhan fisik, terutama mereka yang harus karantina sendiri atau bukan dengan anggota keluarganya.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengganti pelukan orang itu dengan berpelukan dengan pohon, terutama pohon besar. Tapi pastikan dulu tidak ada hewan liar maupun hewan lain seperti semut di sekitar pohon tersebut.

"Saat kita memeluk pohon, kita akan merasakan sesuatu mulai dari jari kaki, lalu naik ke atas kaki, dada dan ke kepala," terang Manajer Hutan untuk Islandia Utara Þór Þorfinnsson.

"Hal itu akan memberikan sensasi rileks, dan Anda akan siap menghadapi hari yang baru dan tantangan baru," sambungnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Aksi Luna Maya

Luna Maya
Perbesar
Luna Maya sayang dengan pohon hingga memeluknya (Dok.Instagram/@lunamaya/https://www.instagram.com/p/B9hqzsBH4WW/Komarudin)

Sejumlah hasil penelitian memang memperlihatkan pohon memiliki tenaga penyembuh. Orang Jepang suka menggelar ritual mandi pohon atau shinrin-yoku yang sudah menjadi tradisi serta menjadi program nasional kesehatan Jepang sejak 1982.

Beberapa waktu lalu sebelum terjadi pandemi corona, Luna Maya juga sempat membagikan foto sedang memeluk pohon saat liburan ke Sao Paulo, Brasil.

Dalam potret itu, penampilan Luna terlihat santai mengenakan baju dengan lengan digulung sebatas siku dan celana jeans biru. Ekspresi wajahnya terlihat tersenyum memeluk pohon besar itu.

Dengan memeluk pohon, badan dan pikiran Anda akan menyatu dengan alam. Dokter di seluruh dunia pun sudah menyarankan hal ini untuk mengurangi stres dan memperbaiki kualitas kesehatan.

Salah satu bagian atau senyawa dari pohon yang berperan adalah fitonsida yang punya efek psikologis menurunkan level stres. Jadi kalau ada pohon besar di rumah, Anda mungkin mau mencoba memeluknya selama lima menit saja setiap harinya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Bertani di Atas Masjid