Sukses

7 Tips Sukses Rapat Jarak Jauh ala Merry Riana

Rapat jarak jauh jadi keniscayaan di tengah kebijakan bekerja dari rumah selama pandemi corona COVID-19 berlangsung.

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja di rumah bukan berarti tak bisa roduktif. Meski berjauhan, rapat rutin bisa tetap digelar dengan memanfaatkan teknologi untuk menjaga produktivitas.

Motivator Merry Riana berbagi tips sukses menggelar rapat jarak jauh. Ada tujuh poin yang dikemukakannya terkait penerapan telekonferensi.

"Meskipun memang hal itu di awal tidak nyaman tapi kami tahu tidak nyaman hanya sementara, jadi kita adaptasi," kata Merry di BNPB Jakarta Timur, Senin (20/4/2020).

Tips pertama adalah mengatur jadwal rapat, baik waktu maupun agenda pertemuan tatap muka jarak jauh tersebut.

"Kenapa agenda menjadi penting, karena kita harus ada pembahasan dan solusi sesuai dengan poin agenda," tutur Merry.

Berikutnya adalah mempersiapkan materi yang akan dibahas. Tips ketiga adalah mempersiapkan peralatan pendukung untuk menggelar telekonferensi atau teleworking.

"Hardware ini gunakan laptop, komputer, handphone, audio juga. Seperti apa apakah butuhkan mic ekstra, kedua, software jenis apa yang digunakan, ketiga, jaringan internet pastikan siynalnya kuat," terang Merry.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tempat dan Busana

Tips selanjutnya adalah menyiapkan tempat untuk menggelar telekonferensi yang nyaman dan kondusif. Hal itu penting agar telekonferensi tidak terganggu oleh suasana di belakang layar maupun suara berisik yang menghambat komunikasi.

"Kelima adalah mengenakan pakaian yang nyaman. Pakaian juga harus nyaman dan rapi. Walaupun di rumah, harus sama bangun mood kaya di kantor.  Jangan dasteran doang," katanya.

Berikutnya adalah manajemen waktu. Meski jauh, bukan berarti melewatkan tahapan selayaknya rapat, yakni ada pembukaan, presentasi, dan bagian Q and A.

"Ketujuh, call to action. Apa langkah selanjutnya, kapan next meeting," ucap Merry. (Ronald Chaniago/Merdeka)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini