Sukses

Kisah Inspiratif 2 Bocah yang Sumbang Tabungan untuk Tenaga Kesehatan

Kisah menyentuh kembali dibagikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tentang kepedulian pada sesama oleh anak SD.

Liputan6.com, Jakarta - Niat mulia membantu sesama memang tak mengenal usia. Aksi solidaritas untuk para tenaga kesehatan di tengah pandemi corona Covid-19 kali ini datang dari dua bocah yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar.

Satu di antaranya adalah Mochamad Hafidh yang berusia 9 tahun. Ia berinisiatif menyumbangkan tabungan dari uang jajannya selama sekolah untuk membantu pemerintah melawan corona Covid-19.

Cerita menyentuh dan mengharukan ini dibagikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui akun Instagram pribadinya. Suami Atalia Praratya ini menuliskan Hafidh adalah anak padagang bakso yang juga terdampak ekonomi karena corona Covid-19.

"Ia paham, masalah covid adalah urusan dan tanggung jawab bersama bukan hanya pemerintah," tulis Ridwan Kamil.

"Semoga keteladanannya, menjadi inspirasi anak-anak seusianya yang lebih mampu dan menginspirasi para dewasa lebih peduli," tambahnya.

Sementara, Hafidh mendapat apresiasi dari Ridwan Kamil dengan diundang ke rumah dinas gubernur di Gedung Pakuan, Jumat, 17 April 2020. Uang hasil tabungan Hafidh dalam kaleng biskuit diterima langsung oleh Emil, begitu Ridwan Kamil akrab disapa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cerita dari Anak SD 7 Tahun

Selain Hafidh, ada pula anak SD bernama Azriliya Aliya Nabila yang baru berusia 7 tahun dari Ngamprah Kabupaten Bandung Barat. Ia menyumbangkan seluruh tabungannya untuk para dokter yang berjuang melawan corona Covid-19.

"Azriliya, anak dari petani hidroponik ini, mengijabkabulkan niatnya agar seluruh tabungannya dibelikan masker bedah. Ia sudah mempraktekkan nilai mulia budaya Jawa Barat: Silah asih, Silih asuh dan Silih asah," tulis Ridwan Kamil.

"'Nanti maskernya pa Gubernur kasiin ke dokter ya,', begitu terucap dari bibir mungil berparas imut kiyut ini. SIAP neng Azriliya! Laksanakan," lanjutnya.

Besar harap Emil amal ibadah Azriliya jadi teladan untuk para generasinya kelak. "Terima kasih untuk ayah bundanya yang berhasil mendidiknya dengan ahlak yang mulia. Dengan kebersamaan, Insya Allah #KitaPastiMenang," tutupnya.

Setelah diterima, bantuan dari dua bocah inspiratif ini akan disalurkan melalui organisasi nonpemerintahan Jabar Bergerak.

 
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini