Sukses

3 Hal yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil Saat Pandemi Corona

Saksikan video selengkapnya di channel SBOwebTv.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona yang tengah mewabah Indonesia menimbulkan kekhawatiran bagi siapa saja. Tak terkecuali para ibu hamil yang sedang menanti calon buah hati mereka untuk lahir ke dunia.

Tidak sedikit dari mereka yang menjadi waswas karena mengandung di tengah pandemi ini. Namun, para calon ibu tidak perlu khawatir akan hal itu. Dokter spesialis kandungan, Tizar Dwi Satyoputro membagikan tips seputar kehamilan di tengah wabah corona.

Berikut adalah tiga hal yang wajib diterapkan ibu hamil agar tidak mudah terinfeksi virus corona:

1. Selalu Mencuci Tangan

Dokter Tizar menyarankan bagi para ibu hamil untuk selalu mencuci tangan sebelum menyentuh sesuatu, terutama sebelum makan. Ia menyarankan untuk mencuci tangan selama 20-40 detik dengan menggunakan sabun atau hand sanitizer.

2. Menggunakan Alat Perlindungan Diri

Bila ada sesuatu mendesak yang mengharuskan ibu hamil untuk pergi keluar, seperti membeli kebutuhan pokok di pasar, sebaiknya selalu gunakan alat perlindungan diri (APD), seperti masker. Tetap gunakan masker meskipun tidak dalam keadaan sakit. Sehabis dari luar, biasakan untuk selalu membersihkan diri sebelum berkontak dengan orang di rumah.

3. Berkonsultasi ke Dokter Kandungan

Karena adanya himbauan physical distancing, pastikan dokter kandungan yang akan dituju membuka jam praktek di hari tersebut. Jika dirasa pergi menemui dokter secara langsung bisa menimbulkan kekhawatiran terinfeksi corona, ibu hamil bisa manfaatkan kecanggihan teknologi, seperti media sosial, untuk berkonsultasi.

Itu tadi tiga hal yang harus diperhatikan oleh para ibu hamil di tengah situasi corona seperti ini. Simak interview seputar fakta dan mitos kehamilan di tengah covid-19 selengkapnya bersama Dokter Tizar di channel SBO Web TV hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.