Sukses

4 Jenis Olahraga Seru yang Bisa Diikuti Secara Online Selama di Rumah Aja

Tinggal di rumah saja bukan berarti Anda boleh mengabaikan olahraga. Jika malas sendirian, cari teman online saja.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona Covid-19 mengharuskan banyak orang untuk tidak bepergian jika tak mendesak guna mencegah penyebaran yang lebih luar. Selama di rumah aja, Anda tetap harus beraktivitas seperti biasa serta menjaga kesehatan dan kebersihan.

Selain itu, penting pula untuk menjaga kebugaran untuk tubuh yang fit selama pandemi. Salah satunya adalah dengan mengatur pola makan dan rutin berolahraga.

Namun apa saja olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah yang dapat disaksikan secara online? Simak rangkuman selengkapnya seperti di bawah ini.

1. Zumba

Dilansir dari Livestrong, Kamis (16/4/2020), membawa pesta dansa ke rumah Anda melalui instruksi video, apllikasi atau hanya dengan beberapa kreativitas sendiri untuk olahraga yang lebih menyenangkan.

Latihan Zumba di rumah membebaskan Anda dari rasa malu yang mungkin Anda miliki ketika harus memamerkannya di depan orang lain. Anda juga dapat memutar musik dengan cukup kencang untuk menambah semangat.

Ada banyak opsi untuk penikmat olahraga ini, termasuk latihan melalui telepon hingga televisi. Bahkan, ada pilihan gratis untuk mereka yang tidak ingin mengeluarkan biaya kelas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Yoga

Yoga salah satu olahraga yang dapat Anda lakukan di rumah. Kendati demikian, ada beberapa tips yang harus Anda ikuti. Dilansir dari Mind Body Green, mengembangkan latihan yoga di rumah dan komitmen adalah poin penting untuk memperdalam hubungan pribadi Anda dan yoga.

Seorang guru yoga, Frances Frischkorn memberi beberapa tips agar yoga di rumah berhasil mulai dari tetap dengan urutan yang ditetapkan yakni berlatih dengan pose yang sama setiap hari berulang kali adalah cara yang ampuh untuk tetap konsisten dengan latihan.

Yang kedua, perlu latihan minimal untuk diri sendiri setiap hari. Bahkan jika itu hanya 15 menit, buat janji pada diri sendiri bahwa Anda akan yoga selama 15 menit. Lalu prioritaskan latihan, luangkan waktu untuk duduk dan diam.

3 dari 5 halaman

3. Pilates

Dilansir Very Well Fit, latihan pilates mengembangkan kekuatan inti, stabilitas, dan fleksibilitas. Fokus otot untuk setiap latihan dicatat sehingga Anda dapat menargetkan rutinitas Anda.

Perlu diingat bahwa semua latihan pilates menggunakan otot perut inti. Jangan ragu untuk memilih dari daftar untuk latihan perut. Ada catatan modifikasi dalam instruksi lengkap untuk setiap latihan.

Pemanasan latihan pilates sangat penting dalam mengajarkan dasa-dasar gerakan. Mereka juga mempersiapkan tubuh untuk latihan yang lebih menantang secara aman nanti.

Bahkan jika Anda melewatkan langkah selanjutnya, pilih setidaknya dua atau tiga gerakan pemanasan untuk memulai setiap rutinitas pilates yang Anda lakukan.

4 dari 5 halaman

4. HIIT

HIIT adalah high intensity interval training atau pelatihan interval intensitas tinggi. Women's Health Mag, menulis, HIIT adalah bentuk latihan yang telah terbukti meningkatkan metabolisme.

Selain itu, latihan ini juga membangun kekuatan dan mengemas manfaat yang sama dari latihan aerobik intensitas rendah dan sedang dalam waktu yang jauh lebih singkat.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini