Sukses

Tips Menguatkan Imunitas Kucing Agar Terhindar dari Wabah Corona

Tiga dari kucing ditempatkan di dalam kandang di sebelah kucing yang tidak diberi virus, dan salah satu kucing yang terpapar juga ikut terinfeksi.

Liputan6.com, Jakarta - Saat pandemi corona Covid-19 masih mewabah seperti sekarang ini, pemilik kucing harus ekstra hati-hati untuk kontak dengan hewan peliharaan mereka. Sebuah penelitian dari China mengungkapkan, bahwa COVID-19 dapat ditularkan antar kucing.

Tim peneliti yang berasal dari Harbin Veterinary Research Institute tersebut, menemukan bahwa kucing sangat rentan terhadap COVID-19 dan tampaknya mampu menularkan virus melalui percikan air liur ke kucing lain. Namun, anjing, ayam, babi, dan bebek ternyata tidak mudah tertular infeksi.

Penelitian tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi hewan mana yang rentan terhadap virus sehingga mereka dapat digunakan untuk menguji vaksin eksperimental untuk memerangi pandemi COVID-19, yang telah menewaskan lebih dari 110.000 orang di seluruh dunia sejak muncul di China pada Desember 2019.

Studi yang dipublikasi pada situs praprint bioRxiv itu diketahui bahwa lima kucing diinokulasi dengan virus Corona. Tiga dari kucing tersebut ditempatkan di dalam kandang di sebelah kucing yang tidak diberi virus, dan salah satu kucing yang terpapar juga ikut terinfeksi, ini menunjukkan bahwa penularan terjadi melalui percikan pernapasan.

Temuan ini mengikuti laporan terbaru tentang kucing peliharaan di Belgia yang terinfeksi COVID-19. Sekitar seminggu setelah pemilik kucing mulai menunjukkan gejala, kucing itu juga mengalami kesulitan bernapas, diare dan muntah, dan tes selanjutnya oleh dokter hewan di University of Liège menunjukkan hewan itu terinfeksi dengan virus Corona.

Zakaria Achmad, Product Manager WookuWooku Advanced Pet Nutrition yang dihubungi melalui sambungan telepon mengatakan, Pemilik kucing sudah harus mulai berhati-hati dan membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah kontak dengan hewan peliharaan mereka.

Dan jangan lupa untuk hindari kontak yang terlalu intim dengan kucing terutama jika pemiliknya terjangkit COVID-19. Ini sangat penting untuk kehati-hatian, meski belum diketahui bahwa virus yang keluar dari kucing bisa menularkan ke manusia atau tidak.

“Pastikan kucing untuk selalu berada di dalam rumah sebagaimana pemiliknya agar tidak tertular dari orang-orang diluar yang sudah terjangkiti virus corona tanpa disadari dan membawa masuk virus tersebut ke dalam rumah melalui bulu kucing,” terang Zakaria Achmad belum lama ini.

“Lalu pastikan juga kucing mendapatkan asupan nutrisi dan vitamin yang tepat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitasnya seperti halnya manusia, karena sama-sama rentan terhadap virus,” lanjutnya.

Zakaria juga menjelaskan, agar pemilik hewan peliharaan seperti kucing selalu fokus untuk menjaga hewannya dengan keadaan baik. Memberi nutrisi dan vitamin yang pas agar terhindar dari wabah tersebut.

Wookuwooku sendiri merupakan nutrisi probiotik yang berisi bakteri hidup yang mampu masuk ke dalam saluran pencernaan kucing dan mampu menambah imunitas dan daya tahan tubuh kucing terhadap serangan penyakit dan virus termasuk covid.

“Nutrisi seperti ini mestinya rutin diberikan kepada kucing agar kebal terhadap serangan berbagai virus, termasuk virus corona,” tandas Zakaria.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini