Sukses

8 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Tetap Prima di Musim Hujan

Meski ada aturan berdiam di dalam rumah saja, ada kalanya Anda harus ke luar saat musim hujan.

Liputan6.com, Jakarta - Hidup sehat menjadi idaman banyak orang. Namun, untuk mencapainya tentu dibutuhkan usaha yang ekstra keras. Di musim hujan seperti sekarang ini daya tahan tubuh manusia diuji sedemikian rupa dengan banyaknya penyakit. Ditambah lagi dengan pandemi Covid-19.

Di musim hujan, berbagai bakteri dan virus bisa tumbuh berkali-kali lipat lebih cepat dibandingkan musim kemarau. Jika daya tahan tubuh lemah, penyakit akan mudah masuk.

Daya tahan masing-masing orang berbeda-beda. Ada yang kuat dan ada pula yang mudah lemah. Meski begitu, semua orang wajib menjalani gaya hidup sehat agar daya tahan tubuh bisa tetap prima di musim apapun.

Ini bisa dimulai dengan menerapkan gaya hidup sehat. Berikut ini tips yang bisa kamu terapkan dengan mudah agar daya tahan tubuh tetap prima meski di musim hujan.

1. Minum air putih yang banyak

Meski hujan namun konsumsi air putih harus tetap terpenuhi. Hal ini dikarenakan air putih mampu untuk menjaga metabolisme tubuh serta mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Jika bosan dengan air putih, sesekali kamu bisa mengonsumsi teh jasmine, green tea, dan minuman lain yang menyehatkan.

2. Lakukan olahraga ringan

Olahraga selayaknya harus dilakukan secara rutin. Jika biasanya musim hujan akan malas beraktivitas, olahraga ringan bisa menjadi pilihan. Di antara olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah sit up, yoga, dan lain sebagainya.

3. Istirahat yang cukup

Pastikan kamu tetap beristirahat yang cukup, yakni enam-delapan jam per harinya. Hal ini dimaksudkan agar stamina kamu tetap terjaga di kala padatnya aktivitas harian.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Atur Pola Makan

Tips selanjutnya adalah wajib untuk mengatur pola makan. Selain pola hidup yang sehat, pola makan yang teratur juga wajib dilakukan. Sebisa mungkin konsumsi makanan yang bergizi tinggi serta kaya akan vitamin.

5. Gunakan pakaian yang kering

Meski hujan dan seringkali pakaian sulit kering, upayakan kamu untuk setiap harinya menggunakan pakaian yang kering, tidak lembab. Selain tidak nyaman, pakaian yang lembab juga rentan menjadi sarang dari bakteri dan virus.

6. Pastikan rumah tetap bersih

Selain tubuh yang harus tetap sehat, kebersihan rumah dan sekitar kamu pun juga wajib untuk dijaga. Hal ini dikarenakan penyakit sangat suka berkembang di tempat yang kotor. Maka dari itu, pastikan rumah dan sekitar kamu tetap dalam kondisi bersih dari segala kotoran.

7. Mandi setelah hujan-hujanan

Tak dapat dipungkiri jika kamu harus terpaksa hujan-hujanan lantaran tidak membawa payung. Tatkala kondisi tubuh kamu basah, segeralah mandi bukan menunggu tubuh kering terlebih dahulu.

8. Makan sayuran hijau

Sayuran hijau kaya akan berbagai vitamin yang bisa menjadi tameng untuk daya tahan tubuh kamu tetap sehat. Selain itu, sebelum dikonsumsi upayakan untuk mengolahnya dengan cara yang dibenarkan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini