Sukses

8 Inspirasi Desain Apartemen Minimalis nan Modern

Ingin menghadirkan nuansa minimalis dan antikuno dalam apartemen Anda? Simak inspirasinya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Apartemen dianggap sebagai salah satu pilihan hunian praktis di kota-kota besar, seperti Jakarta. Namun, tak jarang muncul asumsi bahwa apartemen identik dengan hunian berukuran terbatas dan sempit.

Akibatnya, penghuni diminta beradaptasi dengan versi sempit dari ruangan-ruangan. Bahkan, satu ruangan bisa merangkap beberapa fungsi ruang sekaligus. Meski ukurannya kecil, bukan berarti apartemen tak perlu ditata dengan baik. Justru keterbatasan inilah yang menuntut kecermatan lebih.

Untuk apartemen dengan ukuran sempit, mungkin tidak semua desain dapat diterapkan. Oleh karena itu, desain minimalis merupakan opsi yang pas untuk memberikan kesan rapi, bersih, dan luas.

Desain minimalis identik dengan penggunaan furnitur sederhana tanpa banyak detail, serta menghindari konsep desain terkesan penuh. Desain ini juga kerap dipadukan dengan aksen modern. Simak inspirasi desainnya seperti dirangkum Arsitag berikut.

1. Apartemen Minimalis dengan Panel Kayu

Memaksimalkan penggunaan elemen kayu pada bagian lantai parket dan dinding, apartemen minimalis akan memiliki tampilan hangat. Apalagi, ditambah pencahayaan maksimal dari jendela berukuran besar. Sumber pencahayaan yang maksimal adalah kunci ruangan sempit dapat terasa lebih lapang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

2. Apartemen Minimalis dengan Sentuhan Klasik

Sedikit sentuhan klasik dapat ditambahkan pada apartemen minimalis untuk menghasilkan kesan lebih modern. Misalnya dengan menggunakan lampu kristal chandelier atau wallpaper dinding bermotif klasik.

Sempurnakan kesan klasik dengan gorden yang mejulang dari langit-langit hingga menyentuh lantai.

3 dari 9 halaman

3. Apartemen Minimalis yang Terasa Lapang

Demi menghilangkan kesan sumpek dan berantakan, desain minimalis cenderung menggunakan lebih sedikit furnitur, juga dekorasi. Misalnya pada bagian ruang keluarga, Anda bisa menghilangkan meja tengah dan mengosongkan rak agar terlihat lebih lapang. Hadirkan lampu gantung dengan desain unik sebagai pemecah kebosanan.

4 dari 9 halaman

4. Apartemen Minimalis dengan Mezanin

Konsep mezanin termasuk sering diterapkan pada apartemen bergaya minimalis. Sekilas, terlihat seperti apartemen dua lantai, namun tidak seluruh bagian difungsikan sebagai lantai dua.

Dengan begitu, ruangan apartemen jadi lebih multifungsi, tetapi juga tidak sempit karena sebagian langit-langitnya tinggi. Solusi tepat menyiasati keterbatasan lahan.

5 dari 9 halaman

5. Apartemen Minimalis dengan Karpet Corak Modern

Karena apartemen minimalis cenderung menggunakan furnitur dengan detail yang minim, penampilannya terkadang terlihat standar saja. Untuk memberi sentuhanoutstanding, Anda bisa coba menggunakan karpet dengan desain dan warna yang bertabrakan.

Hadirkan tampilan kontras yang menghidupkan suasana. Bila perlu, tambahakan pula tanaman hias sebagai pelengkap tekstur.

6 dari 9 halaman

6. Apartemen Minimalis Tanpa Sekat

Karena ukuran apartemen sangat terbatas, alangkah baik jika Anda menghilangkan sekat di antara ruangan yang satu dengan lain. Konsep terbuka ini mewakili gaya minimalis yang mengusung konsep meminimalisasi hiasan yang tidak diperlukan.

7 dari 9 halaman

7. Apartemen Minimalis Hitam Putih

Untuk Anda penyuka warna monokrom, coba aplikasikan desain apartemen minimalis hitam-putih. Agar tidak terlihat monoton dan membosankan, tambahkan sedikit sentuhan warna yang masih satu gradasi seperti abu-abu. Misal, dengan menggunakan gorden dan karpet berwarna abu-abu silver.

8 dari 9 halaman

8. Apartemen Minimalis dengan Rak Pajang Terbuka

Desain apartemen minimalis terakhir yang bisa jadi inspirasi Anda adalah apartemen dengan lemari pajangan yang dipasangi cermin pada bagian belakang. Selain memberi kesan lebih luas, cermin tersebut juga membuat pajangan-pajangan di apartemen terlihat lebih banyak. Menghasilkan ilusi visual seolah ruangan tembus ke belakang dan lebih luas.

Seperti yang dapat Anda lihat, apartemen minimalis kerap menggunakan elemen kayu pada desain interiornya, lantaran memberi kesan hangat yang tak dimiliki material lain. Kayu termasuk material yang sering diandalkan dalam desain interior minimalis karena sifatnya yang fleksibel, simpel, dan mampu memberikan tekstur sepadan dengan konsep minimalis. 

9 dari 9 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini