Sukses

Aksi Dokter Suapi Pasien Corona Covid-19 yang Tak Bisa Dijenguk Keluarganya

Tanpa masker dan pelindung lainnya, dokter Georgi dengan sabar membawa piring dan sendok berisi makanan sambil memeriksa kondisi pasien corona COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Pengabdian para dokter, perawat dan tenaga medis dalam mengobati pasien corona Covid-19 banyak dikagumi dan diapresiasi. Tak sedikit dari mereka harus kehilangan nyawa karena lebih mempedulikan pekerjaan mereka dibandingkan kesehatan mereka.

Tak hanya mengobati, para dokter juga ada yang mengurus pasiennya. Salah satunya seorang dokter di India. Foto sang dokter tengah menyuapi seorang pasien di rumah sakit India sempat jadi viral.

Aksi kebaikan ini dipuji banyak orang. Di tengah pandemi corona yang terus bertambah setiap harinya di India, semakin banyak orang-orang yang tak bisa bertemu dengan keluarga mereka, terutama para pasien yang dirawat di rumah sakit.

Untuk menekan angka penyebaran wabah corona, setiap pasien dengan penyakit apapun tidak boleh dikunjungi oleh keluarga atau saudara mereka selama menjalani perawatan. Apalagi, India sedang menerapkan kebijakan lockdown.

Dilansir dari Storypick, lewat sebuah foto yang viral di sosial media terlihat seorang dokter di The Madras Medical Mission Hospital di Chennai, India, sedang menyuapi seorang pasien dengan telaten.

Alasan dokter tersebut menyuapi sang pasien ternyata karena dokter itu kasihan melihat para pasien berjuang untuk makan sendirian tanpa bantuan dari keluarga maupun kerabat mereka yang tak boleh menjenguk.

Dokter bernama Georgi Abraham yang bertugas sebagai ahli nefrologi senior itu juga mengunjungi beberapa pasien yang sudah berada di ICU. Tanpa masker dan pelindung lainnya Dokter Georgi dengan sabar membawa piring dan sendok berisi makanan sambil memeriksa kondisi pasien-pasien tersebut.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dokter yang Ramah dan Baik

"Saya tengah mencari kabar baik di tengah situasi seperti ini, dan saya menemukannya. Terima kasih," cuit akun @andava2.

"Saya tahu dokter ini meski saya tidak mengenalnya secara personal. Namun ia dokter yang sangat ramah dan baik. Bahkan di tengah wabah dan situasi rumah sakit yang ramai, ia masih menyempatkan diri untuk berdoa lalu kembali merawat semua pasien," komentar akun @chennaitealways.

Meski begitu, banyak juga yang mengatakan bahwa foto ini sengaja diambil untuk kepentingan iklan semata. Hal ini langsung dibantah oleh para pasien yang pernah ditangani langsung oleh Dokter Georgi.

"Dokter Georgi juga menyuapi istri saya pada Januari lalu waktu dia tidak bisa makan sendirian. Dokter Georgi memberikannya buah-buahan dan menunggu hingga istri saya menghabiskannya. Dokter yang sangat baik," cuit akun @RajRavin.

Sejak diunggah pada 4 April 2020, sampai Senin (13/4/2020), foto Dokter Georgi di akun Twitter @arunjei, sudah dibagikan sebanyak 1,900 kali dan disukai lebih dari 7,000 pengguna.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.