Tips Mudah Mencuci Masker Kain ala Reisa Broto Asmoro

Oleh Putu Elmira pada 13 Apr 2020, 12:02 WIB
Diperbarui 13 Apr 2020, 12:02 WIB
Pemkot Tangerang Produksi Masker Kain
Perbesar
Masker dari bahan kain yang diproduksi oleh peserta pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja (BLK) Larangan, Tangerang, Senin (6/4/2020). Pemkot Tangerang memproduksi sendiri masker kain untuk didistribusikan ke wilayah Tangerang di tengah pandemi virus corona Covid-19. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk mengenakan masker kain sebagai upaya pencegahan corona Covid-19 saat bepergian ke luar rumah. Hal ini sejalan pula dengan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Selain soal pemakaian, penting pula mengetahui perawatan masker kain seperti cara mencucinya. dr. Reisa Broto Asmoro memberikan tutorial pencucian masker yang baik dan benar melalui IG TV di akun Instagram pribadinya.

"Walaupun masker kain tampak sederhana, namun cara mencucinya tidak boleh asal-asalan agar efektvitas dan kebersihannya terjaga," kata Reisa dalam video yang diunggah pada Minggu, 12 April 2020.

Yang diperlukan untuk mencuci masker kain adalah detergen atau penghilang noda, air mengalir atau air hangat dengan suhu minimal 30 derajat celcius, baskom, sarung tangan dapur, jepit dan jemuran pakaian, dan handuk bersih.

"Pertama, jangan lupa mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Kedua, isi baskom dengan air dan isi dengan detergen atau pemutih sesuai dengan instruksi yang ada pada kemasan, campur larutan dengan merata," lanjutnya.

Langkah ketiga, rendam masker ke dalam larutan, diamkan selama 10 menit. Lalu yang keempat, setelah 10 menit tekan masker dengan lembut dan perlahan menggunakan tangan.

"Jangan mengucek masker terlalu kuat hal ini penting untuk menghidari kerusakan serat kain serta menjaga efektivitas masker kain, bilas masker dengan air mengalir pastikan tidak ada sisa pembersih di dalam kain," ungkap Reisa.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Reisa Broto Asmoro
Perbesar
dr. Reisa Broto Asmoro membagikan tutorial cara mencuci masker kain. (dok. Instagram @reisabrotoasmoro/https://www.instagram.com/p/B-4NjMWD4vX/Putu Elmira)

Keenam, serap cairan berlebih di masker dengan menepuk-nepuk tiap sisi masker menggunakan handuk bersih. Lalu jemur masker di tempat yang terpapar cahaya matahari, panas, serta memiliki ventilasi udara yang baik. Jangan lupa cuci tangan kembali menggunakan air mengalir dan sabun.

Reisa menambahkan, masker kain harus segera dicuci setelah digunakan. Setiap orang disarankan memiliki minimal 3 masker kain untuk menjaga sirkulasi pemakaian.

"Masker kain tidak lebih baik dari masker bedah namun lebih efektif dibanding tanpa proteksi apapun terutama saat kita berada di luar rumah. Ternyata masker kain itu, cukup mengurangi percikan saluran napas atau droplet dan virus corona sebanyak 71 hingga 97 persen," lanjutnya.

Catatan selanjutnya adalah masker kain hanya boleh digunakan selama empat jam. Setelah itu, langsung ganti dan masker kain yang sudah dipakai langsung dicuci.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓