Sukses

Gibran Rakabuming Ajak Masyarakat Tetap Pakai Masker Kain

Saat mengkampanyekan masker kain untuk masyarakat umum, Gibran Rakabuming berpose dengan mengenakan masker bedah.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia tengah berjuang melawan merebaknya corona Covid-19, tak terkecuali dengan Indonesia. Dalam masa krisis seperti ini, beberapa upaya pencegahan penyebaran dengan rajin mencuci tangan dan memakai masker.

Anjuran tersebut juga kian lantang disuarakan oleh para pesohor dan tokoh-tokoh Negeri. Satu di antaranya putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming.

Melalui akun Instagram pribadi, Gibran terlihat membagikan tiga unggahan yang menampilkan dirinya dalam balutan mengenakan kemeja batik bermotif pahlawan nasional dan juga memakai masker bedah.

Pada bagian tengah unggahan, disertakan pula tanda pagar (tagar) yang bertuliskan "Tetap Pakai Masker". Berdasarkan anjuran pemerintah merujuk imbauan WHO, pencegahan corona Covid-19 saat di luar rumah semua masyarakat harus memakai masker.

"Untuk tenaga kesehatan menggunakan masker bedah atau masker N95. Masyarakat umum bisa menggunakan masker kain," tulis Gibran Rakabuming dalam unggahan pada Kamis, 9 April 2020.

Gibran melanjutkan, masker kain maksimal penggunaannya selama empat jam. Setelah itu, masker kain dapat dicuci dengan sabun dan bisa digunakan kembali.

"Mangga para sedulur kita patuhi anjuran ini agar penularan Covid-19 bisa dihentikan dan kita kembali hidup seperti biasanya," lanjut Gibran Rakabuming.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apresiasi Gibran untuk Tenaga Medis

Sebelumnya, Gibran Rakabuming sempat membagikan sebuah video yang berisi ucapan apresiasinya pada tenaga medis di Solo, Jawa Tengah, yang berjuang di garda terdepan melawan corona Covid-19.

"Apresiasi saya kepada tenaga medis di Kota Solo yang telah bekerja keras menangani wabah corona ini. Mari kita jaga Kota Solo tercinta ini agar terbebas dari Corona," kata Gibran dalam video yang diunggah pada 8 April 2020 itu.

Suami Selvi Ananda ini melanjutkan, harapan tersebut akan sia-sia bila anjuran dari pemerintah kota tidak dipatuhi.

"Mohon tahan diri agar tetap di rumah. Bersabarlah, ini ujian bagi kita semua dan semoga kita bisa melalui dengan baik," tutupnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini