13 Tips Mencegah Makan Berlebih Selama di Rumah Aja (Bagian 2)

Oleh Putu Elmira pada 09 Apr 2020, 04:02 WIB
Diperbarui 09 Apr 2020, 04:02 WIB
Ilustrasi Malas
Perbesar
Ilustrasi malas (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta - Pengulangan kegiatan yang sama saat di rumah aja tak jarang memberikan dampak kebosanan. Selain itu, makan berlebihan juga dapat menjadi salah satu perilaku yang tak sehat.

Sebelumnya telah dijabarkan tips untuk mencegah makanan berlebihan selama di rumah. Berikut ini tujuh kiat lainnya seperti dilansir Healthline, Rabu, 8 April 2020, berikut ini.

1. Bergerak

Terjebak di rumah dapat berakibat serius pada tingkat aktivitas Anda, menyebabkan kebosanan, stres, dan meningkatnya frekuensi mengemil. Untuk mengatasi ini, luangkan waktu untuk aktivitas fisik harian.

Jika Anda merasa kehilangan karena penutupan gym atau studio latihan favorit Anda, cobalah sesuatu yang baru seperti olahraga rumahan dengan menyaksikan YouTube.

Penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres, yang dapat mengurangi kemungkinan Anda makan berlebih.

2. Cegah kebosanan

Ketika Anda memiliki banyak waktu luang, kebosanan dapat dengan cepat muncul begitu Anda berhasil mengerjakan daftar tugas Anda hari itu. Namun, kebosanan dapat dicegah dengan memanfaatkan waktu luang dengan baik.

Setiap orang memiliki hobi yang selalu ingin mereka coba atau proyek yang ditunda karena jadwal yang sibuk. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mempelajari keterampilan baru, menangani proyek perbaikan rumah, mengatur ruang hidup Anda, mengikuti kursus pendidikan, atau memulai hobi baru.

Mempelajari sesuatu yang baru atau memulai suatu proyek tidak hanya dapat mencegah kebosanan tetapi juga kemungkinan membuat Anda merasa lebih berhasil hingga mencegah makan berlebih.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Tanpa gangguan televisi hingga ponsel

Ilustrasi Ponsel
Perbesar
Ilustrasi ponsel (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Kehidupan modern penuh dengan gangguan. Dari smartphone ke televisi ke media sosial, Anda dikelilingi oleh teknologi yang dimaksudkan untuk mengalihkan Anda dari kehidupan sehari-hari.

Meskipun mengikuti acara TV favorit dapat membantu mengalihkan pikiran Anda dari berbagai peristiwa yang menegangkan, penting untuk meminimalkan gangguan saat menyantap makanan atau kudapan, terutama jika Anda sering makan berlebihan.

Jika Anda terbiasa makan sambil di depan televisi, ponsel cerdas, atau komputer Anda, cobalah makan di lingkungan yang tidak terlalu mengganggu.

Cobalah berkonsentrasi hanya pada makanan Anda, berikan perhatian khusus pada perasaan lapar dan kenyang. Menikmati waktu saat Anda makan dapat membantu mencegah makan berlebihan dan dapat membantu Anda menjadi lebih sadar akan pola makan dan asupan makanan Anda.

Mindful eating adalah alat yang sangat baik yang dapat digunakan untuk membawa lebih banyak kesadaran pada kebiasaan makan Anda.

4. Kendalikan porsi makan

Sudah biasa bagi orang untuk makanan langsung dari wadah tempat mereka yang dapat menyebabkan makan berlebihan.

Misalnya, mengambil satu liter es krim dari freezer dan makan langsung dari wadah daripada membagikan satu porsi saja dalam sebuah piring dapat menyebabkan Anda makan lebih banyak dari yang Anda inginkan.

Untuk mengatasi hal ini, lakukan kendalikan porsi dengan menyajikan satu porsi makanan sendiri daripada makan di luar wadah yang lebih besar.

3 dari 4 halaman

5. Pilih makanan bergizi

Ilustrasi Sayuran
Perbesar
Ilustrasi sayuran (dok. Pixabay.com/ikon/Putu Elmira)

Persediaan dapur dengan mengisi, makanan padat gizi tidak hanya dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, tetapi juga memerangi kecenderungan stres makan makanan yang sangat enak.

Sebagai contoh, mengisi lemari es dan dapur Anda dengan makanan yang dapat membantu Anda mengisi dengan cara yang sehat, daripada makanan yang kaya kalori kosong seperti permen, keripik, dan soda.

Hal tersebut adalah cara cerdas untuk mencegah kemungkinan rakus pada pilihan yang tidak sehat. Makanan bergizi adalah makanan yang tinggi protein, serat, dan lemak sehat.

Kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, kacang-kacangan, dan telur hanyalah beberapa contoh pilihan yang bergizi dan memuaskan yang dapat membantu Anda kenyang dan mencegah makan berlebihan.

6. Perhatikan asupan alkohol

Sementara segelas anggur atau koktail lezat bisa menjadi cara untuk bersantai, perlu diingat bahwa alkohol meningkatkan nafsu makan, dan dapat meningkatkan kemungkinan makan berlebihan.

Plus, minum terlalu banyak alkohol membahayakan kesehatan Anda dalam beberapa cara dan dapat menyebabkan masalah ketergantungan.

7. Ingat kesehatan Anda secara keseluruhan

Selama masa-masa penuh tekanan, lebih penting daripada sebelumnya untuk selalu menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan. Makan makanan bergizi hanyalah salah satu bagian dari menjaga diri Anda sehat dan bahagia.

Berlatih belas kasih diri dan melakukan yang terbaik yang dapat Anda berikan dalam keadaan saat ini adalah yang paling penting. Bukan saatnya untuk membatasi berolahraga, mencoba diet mode, membandingkan diri Anda dengan orang lain, atau fokus pada kelemahan.

Jika Anda berjuang dengan rasa tidak aman, masalah citra tubuh, atau kecemasan, gunakan waktu ini untuk membina hubungan baru yang sehat dengan pikiran dan tubuh Anda.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓