13 Tips Mencegah Makan Berlebih Selama di Rumah Aja (Bagian 1)

Oleh Putu Elmira pada 08 Apr 2020, 05:01 WIB
Diperbarui 08 Apr 2020, 05:01 WIB
Ilustrasi Makan
Perbesar
Ilustrasi makan (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta - Mengisolasi diri dengan berada di rumah aja menjadi salah satu bentuk dari pencegahan penyebaran corona Covid-19. Namun, berada di rumah juga dapat menyebabkan beberapa perilaku tidak sehat, termasuk makan berlebihan karena stres dan bosan.

Dilansir dari Healthline, Selasa, 7 April 2020, meski merasa nyaman mengonsumsi makanan selama masa stres adalah reaksi normal, makan berlebih secara teratur dapat memengaruhi kesehatan Anda.

Hal tersebut juga dapat meningkatkan stres dan kecemasan. Lalu, apa saja cara untuk mencegah makan berlebih karena stres di rumah? Simak rangkuman selengkapnya seperti berikut ini.

1. Periksa diri sendiri

Salah satu cara paling membantu mencegah makan berlebih adalah untuk memahami mengapa hal itu terjadi. Ada banyak alasan mengapa Anda mungkin harus makan berlebihan, termasuk stres atau bosan.

Jika mendapati diri Ada makan terlalu sering atau makan terlalu banyak dalam satu waktu, luangkan waktu sebentar dan periksa diri sendiri. Pertama, penting untuk menentukan apakah Anda makan karena lapar dan butuh makanan, atau apakah ada alasan lain.

Sebelum makan, berikan perhatian khusus pada perasaan Anda, seperti stres, bosan, kesepian, atau cemas. Cukup berhenti dan mengevaluasi situasi dapat membantu Anda memahami apa yang memaksa Anda untuk makan berlebihan dan dapat membantu mencegah makan berlebihan di masa depan.

Jika merasa sulit melawan rasa ingin makan, Anda mungkin harus mencari bantuan profesional. Terutama jika itu adalah kejadian umum atau Anda makan sampai merasa tidak nyaman dan mengalami perasaan malu atau bersalah sesudahnya, mungkin itu tanda-tanda gangguan makan.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Tahan godaan

Ilustrasi Makan
Perbesar
Ilustrasi makan (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Memiliki kue dan semangkuk permen di meja dapat menambah daya tarik visual Anda, praktik ini dapat menyebabkan makan berlebihan. Makanan yang menggoda dalam penglihatan dapat menyebabkan sering mengemil dan makan berlebihan, bahkan ketika Anda tidak lapar.

Penelitian telah menunjukkan bahwa paparan visual terhadap makanan berkalori tinggi merangsang striatum, bagian dari otak Anda yang memodulasi kontrol impuls, yang dapat menyebabkan peningkatan keinginan makan dan makan berlebihan.

Untuk alasan ini, yang terbaik adalah menjaga makanan yang sangat menggoda, termasuk makanan yang dipanggang manis, permen, keripik, dan kue, seperti di dapur atau lemari.

Tidak ada yang salah dengan menikmati suguhan lezat sesekali, bahkan ketika Anda tidak lapar. Namun, kalau terlalu sering dikonsumsi  dapat membahayakan kesehatan fisik dan mental Anda.

3. Pertahankan jadwal makan sehat

Anda tidak boleh mengubah jadwal makan normal Anda hanya karena terjebak di rumah. Jika terbiasa makan tiga kali sehari, cobalah untuk melanjutkan jadwal itu saat bekerja dari rumah. Hal yang sama berlaku jika Anda biasanya hanya makan dua kali dan camilan.

Meskipun mudah untuk menyimpang dari pola diet normal Anda ketika jadwal sehari-hari Anda terganggu, penting untuk mempertahankan beberapa hal yang normal ketika bicara soal makan.

Cobalah untuk mempertahankan pola makan teratur berdasarkan kebutuhan pribadi dan waktu makan pilihan. Jika Anda benar-benar mendapati diri terus-menerus mengemil, cobalah buat jadwal yang mencakup setidaknya dua makanan padat per hari dan mengikutinya sampai Anda merasa telah konsisten nyaman dengan kebiasaan makan Anda.

 
3 dari 4 halaman

4. Jangan membatasi

Ilustrasi Makanan
Perbesar
Ilustrasi makanan (dok. Pixabay.com/rawpixel/Putu Elmira)

Salah satu aturan nutrisi terpenting yang harus diikuti untuk mencegah makan berlebih adalah untuk tidak menghilangkan makanan Anda. Seringkali, menjadi terlalu ketat dengan asupan makanan atau mengonsumsi terlalu sedikit kalori dapat menyebabkan makan makanan berkalori tinggi dan makan berlebih.

Penelitian telah menunjukkan bahwa diet ketat bukan hanya tidak efektif untuk penurunan berat badan jangka panjang, tetapi juga dapat membahayakan kesehatan fisik dan mental dan meningkatkan tingkat stres Anda.

5. Kembangkan kemampuan memasak

Beberapa hal baik datang bersama dengan terjebak di rumah. Tidak memiliki pilihan untuk makan di luar di restoran membuat Anda memasak sendiri lebih banyak, yang telah terbukti meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Terlebih lagi, merencanakan makanan Anda beberapa hari ke depan dapat membantu Anda menghabiskan waktu dan bahkan terbukti meningkatkan kualitas diet dan mengurangi risiko obesitas.

6. Tetap terhidrasi

Terjebak di rumah memberi Anda lebih banyak waktu untuk fokus pada kebiasaan sehat, termasuk minum cukup cairan. Mempertahankan hidrasi yang tepat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan dapat membantu Anda mencegah makan berlebihan terkait stres.

Faktanya, penelitian telah menemukan hubungan antara dehidrasi kronis dan peningkatan risiko obesitas. Selain itu, dehidrasi dapat menyebabkan perubahan suasana hati, perhatian, dan tingkat energi, yang juga dapat memengaruhi kebiasaan makan Anda.

Untuk mengatasi dehidrasi, tambahkan beberapa irisan buah segar ke air Anda untuk meningkatkan rasanya, yang dapat membantu Anda minum lebih banyak air sepanjang hari tanpa menambahkan sejumlah besar gula atau sejumlah kalori ke dalam makanan Anda.

 
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓