Sukses

Masker Kain dari Bandana dan Karet Gelang Versi Sophia Latjuba

Sophia Latjuba memberikan rekomendasi membuat masker kain dari bahan yang sederhana.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai bentuk pencegahan corona Covid-19, masyarakat sangat disarankan untuk menggunakan masker ketika harus keluar ke area publik. Di tengah langkanya masker bedah, WHO juga telah menganjurkan pemakaian masker kain.

Di sisi lain, para pesohor Tanah Air tiada henti menyuarakan pentingnya melindungi diri di tengah pandemi corona Covid-19. Salah satunya disampaikan oleh Sophia Latjuba yang memberitahu cara membuat masker kain.

Pesan itu dibagikan ibu dua anak ini melalui Instagram TV di akun Instagram pribadinya pada Sabtu, 4 April 2020. Adapun langkah membuat masker kain ia dapatkan dari video yang dibagikan sang ibunda.

"Sharing sedikit sebelum yoga. Hanya perlu bandana, karet gelang, done! Keep your droplets to yourself." tulis Sophia Latjuba dalam kolom keterangan.

"Tapi menarik sih untuk bikin masker sendiri kalau saya terpaksa keluar untuk beli bahan makanan atau buat yang di luar terpaksa kerja make sure keep your droplets to yourself," katanya dalam video.

Lewat video berdurasi satu menit dan 51 detik itu telah memegang bandara berwarna merah dan karet gelang. Ia lantas mempraktikkan pembuatan masker kain merujuk dari video yang dibagikan ibunya.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Buat Masker Kain

Bandana dilipat dua kali dengan hasil akhir berbentuk memanjang. Lalu Sophia Latjuba memasukkan karet gelang ke kedua sisi bandana yang telah dilipat. Sisa kain dilipat masuk dan Sophia pun memakai masker kain buatannya.

"Lalu disangkutin ke kuping. Make sure ini rapat, bawahnya. Di atasnya juga rapat kalau mau pakai kacamata aja jadi benar-benar menutupi daerah sini (hidung)." lanjutnya.

Setelah selesai memakai masker kain dari area publik, Sophia juga mengatakan untuk tidak menyentuh bagian luar masker, tetapi pegang bagian dalamnya saja.

Mengingat ini adalah masker kain, tentunya dapat digunakan kembali namun sebelumnya harus dicuci terlebih dahulu.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini