Sukses

Manfaat Vitamin C bagi Anak-Anak, Tak Sekadar untuk Imun Tubuh

Berapa asupan vitamin C yang harus dibutuhkan anak-anak tiap hari?

Liputan6.com, Jakarta - Vitamin C sejak dulu telah dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh, termasuk untuk menjaga imunitas tubuh dan juga kesehatan kulit. Vitamin C juga aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan mudah mendapatkannya. 

Tetapi, apakah fungsinya hanya itu saja? Berikut adalah rangkuman penjelasan yang disusun tim Ngovee dari Jovee.

Fungsi pertama vitamin C bagi anak memang untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Jika asupan vitamin C cukup, anak Anda dapat terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk demam dan flu.

Vitamin C juga berperan sebagai sumber antioksidan yang membantu melindungi sel tubuh anak dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan begitu, semua fungsi organ dan saraf dari anak Anda tetap terjaga dengan baik.

Karena kandungan antioksidan yang tinggi, vitamin C ini juga dapat membantu untuk mencegah infeksi saat anak mengalami luka. Antioksidan berperan dalam memerangi bakteri yang hendak masuk ke tubuh anak. Dengan begitu, saat anak terluka karena jatuh atau terkena goresan kecil, bakteri penyebab infeksi pun tidak akan masuk ke luka tersebut.

Vitamin C itu juga dapat membantu mempercepat pengeringan luka. Jika asupan vitamin C pada anak terpenuhi, dijamin luka anak Anda akan cepat sembuh dan tertutup secara alami.

Vitamin C dapat membantu untuk merawat kesehatan tulang dan gigi anak. Tulang dan gigi  adalah faktor utama bagi tumbuh kembang anak. Asupan vitamin C yang cukup dapat membantu agar pertumbuhan tulang dan gigi anak Anda menjadi lebih optimal apalagi jika diberi dengan asupan susu yang cukup.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berapa Banyak?

Lalu, berapa banyak kebutuhan vitamin C anak? Ternyata, kebutuhan yang harus dipenuhi minimal 500 mg per hari.

Jumlah ini adalah yang paling cukup untuk membantu agar kesehatan anak Anda tetap tertunjang dengan baik dan tumbuh kembangnya pun dapat tetap terjaga. Apa saja sumber vitamin C yang bisa dikonsumsi?

Vitamin C bisa didapatkan dari buah-buahan seperti misalnya jeruk, lemon, jambu biji, stroberi, kiwi dan juga leci yang relatif mudah untuk ditemui. Selain dari buah, Anda pun juga bisa memenuhi asupan vitamin C pada anak melalui suplemen vitamin C. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini