Sukses

Shopee Luruskan Kabar Donasi 1 Juta Masker bagi BNPB

Sebelumnya, BNPB menyatakan hanya menerima 50 ribu masker sebagai donasi dari Shopee.

Liputan6.com, Jakarta - Shopee menanggapi bantahan BNPB yang menyebut e-commerce itu tidak mendonasikan 1 juta masker melainkan hanya menerima 50 ribu buah saja. Pihak perusahaan lewat rilis yang diterima Liputan6.com, Senin (6/4/2020), tidak membantah soal itu.

"Kami tidak menyebutkan detail alokasi distribusi 1 juta masker di Indonesia. Saat ini, 50 ribu masker sudah diterima oleh BNPB dan sisanya akan dikirim secara berkala oleh Shopee hingga akhir bulan April," kata Radityo Triatmojo, Head of Public Policy and Government Relations Shopee Indonesia.

Dari satu juta masker tersebut, ia menyebut 100 ribu di antaranya akan didonasikan melalui BNPB. Sisanya yang berjumlah 900 ribu dinyatakan akan didistribusikan melalui aplikasi Shopee dengan bentuk subsidi transaksi.

Donasi dan subsidi masker ditujukan bagi masyarakat Indonesia, khususnya tenaga kerja garis depan, tenaga medis, dan tenaga kesehatan.

"Shopee sangat menghargai dan mengapresiasi pejuang garis depan di Indonesia,yakni para dokter dan tenaga medis yang bekerja di rumah sakit dan puskesmas. Kami yakin di masa sulit ini, kami harus menjalankan tanggung jawab sosial kami dengan menyatukan semangat untuk memerangi virus COVID-19 di Indonesia," sambungnya.

Ia menambahkan, bersama mitra penjual, kurir, dan staf gudang, Shopee telah menunjukkan komitmen sebagai perusahaan yang memberi dampak sosial. Ia berharap donasi 100 ribu masker dan subsidi 900 ribu masker yang diberikan Shopee diharapkan dapat digunakan dalam waktu dekat ini oleh para tenaga medis yang membutuhkan.

"Di mana pada bulan April-Mei diprediksi menjadi puncak dari penyebaran virus COVID-19 di Indonesia," katanya.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pernyataan BNPB

Tenaga Ahli bidang Media BNPB, Egy Massadiah meluruskan pemberitaan yang dilansir Shopee Indonesia. Hal ini terkait berita yang berjudul senada "Perangi Covid-19, Shopee Sumbang 1 Juta Masker" pada 2--4 April 2020.

"Ini bisa menimbulkan persepsi keliru di masyarakat, dalam press release pihak Shopee maupun pemberitaan disebutkan, bahwa bantuan 1 juta masker itu diserahkan melalui BNPB," kata Egy dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

"Sedangkan, faktanya, per hari ini 6 April 2020 BNPB hanya menerima 50.000 (lima puluh ribu) masker, dan itu kami didistribusikan kepada para pihak yang membutuhkan," lanjutnya.

Berita itu bersumber dari press release pihak Shopee Indonesia. Dalam release Shopee, tertulis: Shopee kembali memberikan donasi sebanyak 1 juga masker kepada dokter dan tenaga medis. Bantuan tersebut diserahkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia (BNPB RI) dan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Berhubung sampai hari ini tidak ada ralat dari pihak Shopee, maka saya berkepentingan untuk membuat pelurusan, biar masyarakat mengerti situasi yang sebenarnya. Jangan pula ada persepsi BNPB atau Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 menimbun masker," ungkap Egy.

"BNPB hanya menerima lima-puluh-ribu masker, bukan satu juta seperti yang dirilis Shopee," ia menegaskan.

Egy berharap, masyarakat mengetahui duduk soal, seperti yang dilansir pihak Shopee. Saat ini 50 ribu masker sudah diterima oleh BNPB dan menurut Shopee sisanya sebanyak 50 ribu lagi akan dikirim secara berkala oleh Shopee hingga akhir April.

 
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.