Sukses

Sederet Pihak Beri Bantuan Penanganan Corona COVID-19, dari Wings Group hingga Unilever

Bantuan penanganan corona COVID-19 ini diberi dalam berbagai bentuk, mulai dari Alat Pelindung Diri (APD), hingga pengadaan perlengkapan rumah tangga, dengan total miliaran rupiah.

Liputan6.com, Jakarta - Bahu-membahu dalam upaya penanganan pandemi corona COVID-19 terus diperlihatkan berbagai pihak, termasuk sederet perusahaan dalam negeri. Dua di antaranya adalah PT. Unilever Indonesia dan Wings Group.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Liputan6.com, beberapa waktu lalu, perusahaan-perusahaan tergabung dalam Pengusaha Peduli NKRI dalam naungan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan PT. Unilever Indonesia memberi bantuan pada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Meski dunia usaha pun menghadapi imbas wabah COVID-19, semangat persatuan dan kemanusiaan harus dijunjung tinggi demi meringankan beban pemerintah, serta masyarakat," kata Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani.

Sementara, Wings Group melalui Yayasan Wings Peduli Kasih terpanggil membantu pencegahan dan penanggulangan wabah corona COVID-19 lewat sejumlah bantuan senilai Rp25 miliar.

Bantuan yang diberikan antara lain berupa 25 ribu set alat pelindung diri (APD) dan alat bantu pernapasan (ventilator) yang sangat dibutuhkan tenaga medis saat ini. Selain itu, Wings Group juga turut menyumbangkan sejumlah kebutuhan, seperti hand sanitizer, hand wash, cairan disinfektan, detergen, sampo, dan makanan pokok.

"Menanggapi kondisi bangsa yang sedang dilanda pandemi, kami segera mengambil langkah untuk turun membantu seluruh tenaga kesehatan dan pekerja berpenghasilan yang terdampak secara langsung," jelas Meriam Katombo selaku Direktur Human Resource Wings Corporations.

IKEA Indonesia juga memberi bantuan paket produk perlengkapan rumah tangga pada Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia. Perlengkapan yang dimaksud antara lain berupa selimut, seprai, handuk, dan troli bertujuan untuk mendukung kegiatan para tenaga medis.

"Ada kebutuhan mendesak bagi semua pihak untuk bekerja bersama dan memberi dukungan di mana pun kita bisa. Rumah sakit memainkan peran penting dalam pengujian dan perawatan COVID-19, dan IKEA Indonesia akan mendukung personel garis depan yang membantu masyarakat lebih luas," kata Ririn Basuki, Public Relations IKEA Indonesia.

Bantuan ini akan disalurkan ke beberapa rumah sakit di wilayah Banten dan Sentul, yakni RS Permata Pamulang, RSIA BUN Kosambi, RS MISI Lebak, RS An Nisa Cibodas, dan RS EMC Sentul.  

Selain paket produk, IKEA Indonesia juga menyumbang hygiene kit bagi masyarakat di wilayah Jakarta dan mengadakan sebuah inisiatif untuk mendukung Jawa Barat dalam mengatasi beberapa kebutuhan disebabkan pandemi corona COVID-19.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Saling Bantu agar Pandemi Cepat Berakhir

Sancoyo Antarikso selaku Direktur Governance and Corporate Affairs PT. Unilever Indonesia Tbk menyampaikan bahwa pihaknya turut prihatin atas dampak yang dirasakan masyarakat Indonesia.

"Kami percaya semua pihak memiliki peran, dan kerja sama yang erat antar institusi jadi salah satu kunci penting dalam upaya penanggulangan COVID-19. Sebagai perusahaan yang memproduksi berbagai produk yang dekat dengan keseharian masyarakat, Unilever Indonesia berkomitmen memberi dukungan dalam berbagai bentuk dengan nilai total (Rp)50 miliar untuk Indonesia," ucapnya.

Sebesar Rp10 miliar dari bantuan tersebut, sambung Sancoyo, akan dialokasikan untuk masyarakat Jakarta yang diwujudkan dalam bentuk hand sanitizer, sabun, produk makanan dan minuman, produk perawatan higienitas rumah, serta paket makanan bagi tenaga medis.

"Berbagai bantuan tersebut kami salurkan melalui KADIN, serta institusi kesehatan, pemerintah, dan berbagai lembaga lainnya," imbuhnya.

Sedangkan, Wings Group bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), rumah sakit rujukan pemerintah, rumah sakit swasta, pemerintah provinsi, pemerintah daerah, dan sejumlah instansi lain untuk menyalurkan bantuan secara langsung.

Melalui gerakan #WINGSTanggapCorona, Wings Group juga ingin mengajak masyarakat berperan aktif dalam memutus rantai penyebaran wabah COVID-19 dengan menjaga jarak, menjaga kebersihan dengan rajin cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer ketika bepergian, dan mandi setelah pulang bepergian, sesuai anjuran pemerintah.

"Kiranya dengan inisiatif ini, kami dan seluruh elemen masyarakat dapat bergotong royong berjuang agar Indonesia segera terbebas dari virus corona," tutup Meriam.

Sementara itu, relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Hong Tjhin mengatakan bahwa kecepatan dan ketepatan penanganan jadi kunci memerangi pandemi COVID-19. Menurutnya hal ini yang mendorong sinergi dilakukan, yakni melalui penggalangan dana guna memberi bantuan alat kesehatan.

Ia menyebutkan, bantuan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang sudah tersalur ke pemprov DKI dalam bentuk alat kesehatan di antaranya 105 ribu masker, 300 APD, dan 100 ribu test kit.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.