Sukses

Solusi Menghadapi Kegagalan Bisnis Online di Tengah Wabah Corona

Bisnis internet bukanlah investasi online. Untuk itu para owner harus punya pengetahuan yang cukup dalam mengelola bisnisnya.

Liputan6.com, Jakarta - Badai wabah corona Covid-19 sudah mulai berlalu di beberapa negara. Namun hal ini masih baru di Indonesia. Saat ini, banyak bisnis yang gagal dan merugi. Inilah kenyataan dari menjadi wirausahawan. Namun, sektor bisnis internet memiliki hal sedikit berbeda.

Meski ada beberapa hal yang sama seperti kebanyakan kegagalan bisnis di sektor lain, namun mentalitas pemain menjadi satu yang penting dalam bisnis internet yang menjanjikan. Pemilik bisnis online kerap percaya kegagalan bisnis miliknya, terlepas dari diri mereka.

Padahal kenyataannya justru mereka yang menjadi pencetusnya. Seperti bisnis lain pada umumnya, bisnis internet bukanlah investasi online. Untuk itu para owner harus punya pengetahuan yang cukup dalam mengelola bisnisnya.

Kegagalan bisnis internet sering gagal karena tiga alasan berikut. Namun jangan khawatir jika Anda menjadi salah satu yang sedang menjalankan bisnis online tersebut, masih ada sesuatu hal untuk memperbaikinya sebelum terlambat.

Berikut 3 pencetus kegagalan berbisnis via online serta solusinya, seperti mengutip Webinar Robby Suhendrawan, Expert Trader, Selasa, 1 April 2020.

1. Bisnis yang Tidak Memiliki Model

Cari tahu model bisnis Anda dari awal. Jangan menipu diri sendiri dan mengatakan Anda akan mencari tahu ketika sudah mendapatkan sejumlah pembaca atau pelanggan yang terlihat berdasarkan angka.

Pola ukuran ini tidak berarti apa-apa. Sebab itu, segera tuntaskan model bisnis Anda segera setelah memulainya. Adapun jawaban dari pertanyaan ini adalah, berapa banyak cara berbeda yang bisa dilakukan seseorang untuk memberi Anda uang?. Jika jawabannya adalah nol, Anda memiliki masalah. Jika orang tidak bisa membayar Anda untuk apa pun, maka jangan heran akan hal tersebut.

Anda bukanlah Instagram. Facebook juga tidak akan memberikan pendapatan kepada Anda hingga 1 miliar dolar AS begitu saja. Bangun segera model bisnis, dan jangan hanya menunggu datangnya uang begitu saja. Cara untuk memperbaiki masalah ini: Buat produk yang menjawab pertanyaan seseorang. Menawarkan layanan untuk memecahkan masalah seseorang.

Anda bahkan dapat menempatkan tombol donasi besar di situs Anda. Apa pun yang Anda lakukan, membuat setidaknya satu cara bagi orang untuk memberikan uang mereka kepada Anda. Ya, memang sesederhana itu.

2. Anda masih berpikir, semua itu berisi tentang Anda

Salah, itu bukan cara kerjanya. Membangun sesuatu untuk orang lain, maka cari tahu apa masalah yang mereka miliki. Kemudian menyelesaikannya.

Saya tidak peduli berapa banyak Anda menyukai es krim. Jika semua yang Anda ingin lakukan adalah makan es krim dan berbicara tentang es krim sepanjang hari, Anda tidak akan pernah benar-benar memiliki bisnis (Anda hanya akan menghabiskan banyak waktu makan es krim dan menjadi gemuk).

Sebaliknya, cobalah membuat peringkat, akurasi, dan mengatur semua jenis terbaik dari es krim yang ada di pasar. Cari promosi bisnis untuk membawa lebih banyak pelanggan.

Jika Anda merasa sangat mampu, ciptakan merek es krim Anda sendiri yang lebih baik dari semua merek lain es krim di pasaran.Kondisi ini bisa dilihat pada para Blogger yang terperangkap ini sepanjang waktu. Mereka selalu ingin berbicara tentang apa yang mereka, tanpa tertarik dengan apa yang orang lain ingin berbicara atau berusaha memecahkan masalah orang lain.

Cara untuk memperbaiki masalah ini: keluarkan diri Anda. Bicara obsesif dengan orang lain tentang apa yang mereka butuhkan kemudian sampaikan hal itu.

3. Bisnis Online Bukanlah Bisnis Mudah

Banyak orang berpikir bisnis online hanya cukup dengan memiliki koneksi internet untuk memulainya. Mereka berpikir entah bagaimana selama memiliki sebuah situs web, semua bagian hal lain dari bisnis bukanlah masalah.

Itu tidak benar!.Ingat hal pemecahan masalah secara keseluruhan telah disebutkan di atas. Itu berarti Anda harus benar-benar melakukan pekerjaan, sehingga menerobos keluar dari pola pikir selama ini.

Alasan yang menjadi masalah dan penghalang utama karena adanya penghalang di beberapa titik. Sehingga ada yang berpikir hal ini sulit dan mereka menyerah sebelum memecahkannya.Itu berarti Anda perlu masuk dan mengisi ruang itu. Ini mungkin tidak mudah, tapi itu mungkin tidak sesulit yang Anda bayangkan untuk menjadi berhasil.

Terlepas dari kesulitan, jika Anda dapat memperbaiki masalah atau menemukan solusi untuk masalah seseorang, ada kemungkinan mereka akan membayar untuk layanan atau produk Anda tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini