5 Olahan Kurma Lezat Dijamin Bikin Buka Puasa Anda jadi Lebih Istimewa

Oleh stella maris pada 03 Apr 2020, 08:07 WIB
Diperbarui 03 Apr 2020, 08:07 WIB
Kurma
Perbesar
Ternyata banyak cara lho untuk menikmati buah yang telah dikonsumsi lebih dari 7000 tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta Sudah menjadi rahasia umum bahwa kurma punya segudang manfaat karena mengandung gula, serat, mineral, fitonutrien, vitamin C (saat segar), kalium, magnesium, zat besi, sejumlah kecil protein dan lemak. Apalagi saat Ramadan, kurma merupakan salah satu buah yang disajikan untuk berbuka puasa.

Nah ternyata, banyak cara lho untuk menikmati buah yang telah dikonsumsi lebih dari 7000 tahun ini. Penasaran, kira-kira menu olahan super simpel apa saja yang bisa dikreasikan dari kurma?

Yuk simak resep aneka olahan kurma berikut ini yang membuat buka puasamu jadi lebih istimewa?

2 dari 7 halaman

1. Smoothies

Setelah melepas dahaga dengan air putih, smoothie bisa dijadikan pilihan untuk menu berbuka puasa yang sehat dan menyegarkan. Caranya: kurma kering, pisang, dan es batu secukupnya dicampur dan diblender. Tambahkan chia seeds dan bubuk kapulaga saat disajikan. Jadi tanpa gula atau susu pun, campuran kurma sudah memberikan rasa manis. 

3 dari 7 halaman

2. Teh Kurma

Membuatnya mudah banget. Siapkan delapan kurma dan 400 ml air. Lalu buat lubang kecil pada kurma di malam sebelumnya, dan taruh di dalam air panas sampai keesokan harinya.

Sambil ngabuburit, kamu bisa menyajikan teh kurma dengan cara memanaskan kembali campuran tersebut dengan api kecil hingga muncul warna kemerahan. Voila, teh kurma pun siap disajikan!

4 dari 7 halaman

3. Sop Buah Blewah Kurma

Siapkan bahan seperti buah blewah, nata de coco, dan jeruk medan yang sudah diperas, serta kurma yang sudah dibuang bijinya dan telah dipotong-potong. Jangan lupa gula cair dan es batu secukupnya ya. Lalu kamu tinggal campurkan semua bahan tersebut. Nah takaran penyajiannya, kamu bisa memperhitungkan sendiri sesuai kebutuhan. Simpel banget kan?

5 dari 7 halaman

4. Puding Kurma Jahe

Siapkan bahan seperti 100 gr kurma yang sudah dibuang bijinya, 30 gr jahe yang sudah dibersihkan, 1 sachet agar-agar plain, 700ml air, 50 gr brown sugar, dan 2 sdm fibercreme.

Lalu blender kurma dan jahe sampai halus, campurkan bahan tersebut ke dalam air yang berisi agar-agar, brown sugar dan fibercreme. Aduk merata dan diamkan hingga mendidih, lalu matikan api. Tunggu sampai uap panas hilang dan tuangkan ke wadah, serta simpan di kulkas. Sajikan untuk menu berbuka puasa.

6 dari 7 halaman

5. Pancake Kurma

Cara bikinnya simpel banget. Kamu cukup bikin adonan pancake dan beri isian kurma. Sajikan untuk berbuka puasa.

7 dari 7 halaman

Tokopedia Lebih Menguntungkan

Tokopedia
Perbesar
Tokopedia Bebas Ongkir.

Gimana, aneka resepnya sederhana kan? Nah sebelum membuat menu olahan itu, pastikan kamu sudah membeli kurmanya dulu ya. Untuk pembelian buah ini, kamu enggak perlu repot kok, apalagi di tengah situasi social distancing seperti sekarang ini.

Manfaatkan gadgetmu. Buka aplikasi Tokopedia, lalu cari buah kurma. Di Tokopedia tersedia lengkap berbagai jenis buah kurma, mulai dari kurma kering, basah hingga kurma Tunisia, ataupun Kurma Medjool.

Kamu bisa membeli kurma sesuai kebutuhanmu, mau grosir, kiloan bahkan Tokopedia juga menampilkan harga dari importir buah kurma dengan kualitas terbaik.

Penuhi semua kebutuhan Ramadan di Tokopedia. Serta nikmati berbagai Promo Ramadhan, hadiah dan penawaran menarik lainnya mulai 1 April-13 Mei 2020. Jangan lupa top up OVO, karena dengan OVO transaksi belanja online jadi lebih praktis!

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓