Pangeran Charles Akan Bayar Biaya Keamanan Pangeran Harry di Amerika?

Oleh Henry pada 02 Apr 2020, 13:04 WIB
Diperbarui 02 Apr 2020, 13:04 WIB
Pangeran Charles Usai Dinyatakan Sembuh dari Corona Covid-19
Perbesar
Pangeran Charles Usai Dinyatakan Sembuh dari Corona Covid-19. (dok.Instagram @charlesprinceofwales/https://www.instagram.com/p/B-W9NscHXYf/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Nama Pangeran Charles belakangan ramai diberitakan setelah dirinya disebut positif terkena wabah Corona COVID-19. Meski begitu, ayah dari Pangeran William dan Pangeran Harry ini baru saja dinyatakan telah sembuh.

Pada Minggu, 29 Maret 2020, diumumkan Pangeran Charles dalam keadaan sehat dan tidak lagi terisolasi usai dinyatakan positif Corona COVID-19.  "Hari ini, setelah berkonsultasi dengan dokternya, The Prince of Wales sekarang keluar dari isolasi," konfirmasi Clarence House.

Setelah sembuh, sebuah sumber juga mengklaim bahwa Pangeran Charles sudah berencana untuk mendanai biaya keamanan Meghan Markle dan Pangeran Harry di California, Amerika Serikat (AS).

Seperti diketahui, Meghan Markle dan Pangeran Harry serta putra mereka, Archie, dikabarkan telah pindah dari Kanada ke Los Angeles, California, yang merupakan kota pusat hiburan di AS.

Pada saat bersamaan, Presiden AS Donald Trump menyebut bahwa dirinya menolak membayar biaya perlindungan keamanan The Sussex.

Dilansir dari laman Page Six, seorang sumber dari kerajaan Inggris pun menyatakan jika Charles telah setuju untuk membayar "kontribusi pribadi" kepada Duke and Duchess of Sussex.

"Jumlah dan kegunaan dari dana tersebut tidak akan disebutkan, tapi dipercaya jika angkanya mencapai sekitar 2 juta poundsterling (Sekitar Rp40,3 miliar). Bukan kejutan kalau jumlah itu digunakan untuk biaya keamanan," sebut sumber tersebut.

"Namun, Prince of Wales tidak memiliki uang yang tak terbatas. Jumlah pendapatannya dari menjadi Duke of Cornwall per tahun adalah sekitar 21 juta pound sterling," tambah sumber yang sama.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Pernah Meminta Dibiayai

Kerajaan Inggris
Perbesar
Pangeran Charles, Camilla, Pangeran William, Kate Middleton, Pangeran Harry, dan Meghan Markle menghadiri pelayanan Commonwealth Day di London, Inggris, 9 Maret 2020. (PHIL HARRIS / POOL / AFP)

Sementara itu, pihak Harry dan Meghan telah menegaskan sebelumnya jika mereka tidak pernah meminta dibiayai dalam urusan keamanan. Sebaliknya, juru bicara Harry dan Meghan sudah menyebutkan bahwa pengaturan keamanan yang didanai secara pribadi telah dibuat. 

Selain masalah biaya keamanan, Harry dan Meghan juga resmi mencopot gelar kerajaan His/Her Royal Highness mulai 31 Maret kemarin. Hal ini diumumkan lewat akun Instagram @sussexroyal.  Bersamaan dengan lepasnya gelar kerajaan, keduanya juga tidak akan lagi mengunggah foto di akun Instagram tersebut.

"Terima kasih pada komunitas ini, untuk dukungan, inspirasi, dan komitmen yang dibagi demi kebaikan dunia. Harry dan Meghan," tulis mereka singkat sebagai pesan perpisahan di media sosial.

Pangeran Charles sendiri dikabarkan masih berada di kediamannya di Balmoral, Skotlandia. dan kemungkinan akan menjalankan tugas kerajaan melalui telepon maupun video conference.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓