Sukses

Steak Beraroma Arang Kelapa di Rumah Makan Padang yang Menggoyang Lidah

Cita rasa Minang seperti apa yang bisa membuat steak ala Barat menjadi sangat membumi di lidah orang Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - Karambia Steak, menu terbaru yang dihadirkan sebagai persembahan ke-5 tahun Cikang Resto. Bukan sekadar steak, tetapi steak ini diklaim bercita rasa Padang.

Kearifan kuliner lokal berpadu apik dengan makanan ala Barat. Chef memanfaatkan kelapa dalam pembuatan steak tersebut.

Ivan R. Sini, pemilik Cikang menjelaskan bahwa dalam minyak kelapa dan arang dimanfaatkan dalam pembuatan menu tersebut. Ia menyebut kedua bahan itu menjadi racikan yang otentik untuk banyak ragam kuliner.

"Pemanfaatan batok kelapa sebagai arang telah dikenal oleh masyarakat di Sumatera Barat selama bertahun-tahun," katanya dalam rilis yang diterima Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Karambia sendiri artinya adalah kelapa dalam Bahasa Minang. Sejak dulu, tanaman itu dikenal sebagai tumbuhan serba guna. Nyaris seluruh bagian dari kelapa bisa dimanfaatkan, mulai dari akar, batang, daun, daging buah, serabut, hingga batoknya.

Berangkat dari pengalaman itu, tercetuslah ide untuk menyajikan menu steak di rumah makan Padang yang dimilikinya. Sentuhan Minang dimasukkan lewat proses pemanggangan menggunakan arang batok kelapa.

Selanjutnya,steak disajikan bersama saus otentik yang terbuat dari kombinasi minyak kelapa dan rempah lokal. Sajian dilengkapi Salada uci plus kerupuk padang sebagai ciri khas kuliner nusantara. Uci berarti Nenek dalam bahasa Padang. 

"Menu ini hanya ada di Cikang dan tidak ada di tempat lain," kata dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berapa Harganya?

Ia berharap kehadiran Karambia Steak akan semakin memperkaya keragaman menu sehingga pelanggan punya banyak pilihan untuk disantap. Terdapat dua pilihan jenis potongan maupun berat daging, yakni tenderloin dan sirloin dengan berat 150 dan 180 gram.

Untuk menikmati steak yang menggoyang lidah, Anda cukup membayar Rp 120.000 sampai dengan Rp. 160.000 tergantung pada berat dan jenis daging yang kamu pilih. Ada pula menu baru lainnya yang terbuat dari seafood, yakni Sotong Bakar Pantai Padang yang tak kalah lezatnya.

Penasaran? Cikang Resto berlokasi di Jl. RP. Soeroso, Menteng. Mungkin bisa jadi pilihan kuliner yang layak didatangi bila pandemi corona COVID-19 sudah berakhir.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.