6 Artis Dunia dan Indonesia Jalani Tantangan Mencuci Tangan, Lebih Bersih dari Hand Sanitizer

Oleh Henry pada 24 Mar 2020, 03:03 WIB
Diperbarui 24 Mar 2020, 03:03 WIB
cuci tangan

Liputan6.com, Jakarta -   Cuci tangan menjadi cara paling efektif untuk menangkal virus corona Covid-19. Karena itu, gerakan cuci tangan banyak dikampanyekan untuk meningkatkan kesadaran akan cuci tangan rutin.

Namun, banyak orang justru memburu hand sanitizer. Bahkan, produknya sampai sulit ditemui di pasaran dan harganya makin melambung.

Mencuci tangan dengan sabun tangan serta air ternyata lebih efektif dibandingkan hand sanitizer. Dalam percobaan yang dilakukan Business Insider, hand sanitizer dapat berfungsi membersihkan kuman bakteri, tapi tidak seefektif mencuci tangan dengan sabun.

Dengan hand sanitizer, kuman sedikit hilang tapi tidak menghilangkan bakteri sepenuhnya, seperti halnya sabun tangan. Bahkan World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia membuat tantangan mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir selama 20 detik.

Sejumlah selebriti, baik dalam maupun luar negeri, ikut mengkampanyekan gerakan mencuci tangan untuk mencegah penyebaran corona Covid-19. Siapa saja?.

Yura Yunita

Sejumlah musisi Indonesia melakukan tantangan mencuci tangan sambil bernyanyi. Salah satunya adalah Yura Yunita. Musisi perempuan satu ini ikutan mencuci tangan sambil menyanyikan lagu 'Harus Bahagia' tapi dengan sedikit modifikasi di bagian liriknya.

Beberapa kata diganti dengan ;cuci tangan harus lebih bersih'. "Cuci tangan harus lebih baik, Cuci tangan harus lebih bersih, Tapi bersih tak cukup, Yang paling penting, Kita harus bahagia".

Video yang diunggah Yura di akun Instagramnya pada 17 Maret 2020 mendapat banyak pujian dari warganet.

"Ku tak pernah cuci tangan sebahagia ini 😆," komentar akun @monsieur_alfa.

2 dari 4 halaman

Jawab Tantangan Ello

Ello Jalani Tantangan Mencuci Tangan
Ello Jalani Tantangan Mencuci Tangan. (dok.Instagram @marcello_tahitoe/https://www.instagram.com/p/B96Tic2D2qx/Henry)

Glenn Fredly

Glenn Fredly mengunggah video tutorial mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik ke akun Instagramnya. Ayah satu anak itu menjawab tantangan dari Ello untuk mencuci tangan sambil bernyanyi.

Dalam video di Instagram, Glenn yang terlihat memakai baju putih terlihat asyik menyanyikan lagu “Marilah Kemari" . Ia mencuci tangan di depan wastafel dengan air mengalir lewat keran.

"Gue terima tantangan @marcello_tahitoe buat cuci tangan sambil nyanyi lagu karoeke favorit.. Sikat!!bersih!! Berikut gue tunggu @dr_tompi .. #dirumahaja," tulis Glenn dalam unggahannya pada 19 Maret 2020.

Hugh Jackman

Aktor Hollywood yang dikenal lewat perannya sebagai Wolverine, Hugh Jackman baru-baru ini mengunggah video himbauan cuci tangan selama 20 detik. Ia mencuci tangan sambil diiringi lagu TikTok populer 'Say So' dari Doja Cat.

Hugh Jackman juga menuliskan dalam keterangan foto untuk mematikan keran kalau sudah selesai mencuci tangan. Selain untuk menyelamatkan bumi, ia juga mengajak masyarakat agar peduli terhadap kesehatan di tengah mewabahnya pandemi virus corona Covid-19.

3 dari 4 halaman

Sesuai Anjuran WHO

Selena Gomez Jalani Tantangan Mencuci Tangan
Selena Gomez Jalani Tantangan Mencuci Tangan. (dok.Instagram @selenagomez/https://www.instagram.com/p/B-A3PkSDOoU/Henry)

Mariah Carey

Mariah Carey juga turut mengampanyekan ajakan cuci tangan dengan mengunggah video di akun Instagram pribadinya pada 13 Maret 2020.

Penyanyi asal Amerika Serikat ini mengunggah video cuci tangan bersama putrinya diiringi salah satu lagu lawasnya yaitu 'Last but not Least'. Ia juga menyalakan timer untuk memastikan bahwa telah melakukan cuci tangan selama 20 detik.

Selena Gomez

Setelah tantangan #IStayHomeFor dan #KaraokeHandWashChallenge banyak beredar, ada challenge baru lagi di kalangan artis Hollywood yaitu #SafeHands challenge. Kali ini Selena Gomez menerima tantangan dari penulis dan konsultan manajemen Ariana Huffington untuk melakukan cuci tangan yang benar sesuai anjuran WHO.

Selena mengunggah video cuci tangannya di akun Instagramnya pada Minggu, 22 Maret 2020.  Kalau biasanya artis lain mencuci tangan sambil bernyanyi, Selena justru sebaliknya.

Namun, ia tetap mewajibkan untuk mencuci tangan minimal 20 detik atau setara dengan lagu ABC dua putaran. Untuk mematikan keran, penyanyi 27 tahun ini menggunakan tisu untuk mencegah menyentuh bakteri yang ada di keran.

Selena juga menggunakan tisu itu untuk mengeringkan tangannya. Agar challenge-nya makin tersebar, ia juga tiga sahabatnya untuk melakukan hal serupa yaitu Cardi B, Olivia Wilde dan Gigi Hadid. Sejauh ini baru Olivia yang menerima tantangan dari Selena Gomez.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Bermata Juling, Kucing Ini Justru Bikin Warganet Gemas