Bisa Ditiru, Aksi Samuel Zylgwyn Siapkan Tempat Cuci Tangan Gratis untuk Ojol dan Kurir

Oleh Dinny Mutiah pada 23 Mar 2020, 19:05 WIB
Diperbarui 23 Mar 2020, 19:21 WIB
Bisa Ditiru, Aksi Samuel Zylgwyn Siapkan Tempat Cuci Tangan Gratis untuk Ojol dan Kurir

Liputan6.com, Jakarta - Banyak ide bermunculan merespons kondisi pandemi COVID-19 di berbagai tempat. Salah satunya menyediakan tempat cuci tangan gratis bagi masyarakat umum seperti yang dicontohkan aktor Samuel Zylgwyn.

Lewat unggahan di akun Instagramnya, ia berfoto di samping tempat cuci tangan yang dibuat dari barang-barang sederhana. Penampung air bersih adalah kontainer air minum dari plastik yang biasa untuk hajatan. Sebuah kertas bertuliskan 'Jangan Lupa Pakai Sabun' ditempelkan di kontainer. Sementara, sabun tangan diletakkan di atasnya. 

"Kebetulan banyak ojol dan pengirim paket yg kesini,makanya bikin tempat cuci tangan ini untuk mereka dan yg lewat di depan rumah for free!" tulis Samuel, Senin (23/3/2020).

Ia mengatakan upaya sederhana yang dilakukan adalah demi memutus rantai penyebaran virus SARS-Cov-2 yang menyebabkan COVID-19. Cuci tangan adalah upaya menjaga agar kuman yang ada di tangan tidak menginfeksi tubuh karena bisa masuk lewat sentuhan ke wajah.

"Mudah2an ini bisa menginspirasi temen2 online ku di luar sana yah," tulisnya.

Ia meminta agar fasilitas cuci tangan yang disiapkannya tidak sampai dirusak apalagi dicuri. Pasalnya, semua orang akan membutuhkannya untuk menjaga diri dari ancaman pandemi COVID-19.

2 dari 3 halaman

Mulai Diikuti

20151021-Ilustrasi mencuci tangan
Ilustrasi mencuci tangan (iStockphoto)

Aksi sederhana Samuel banyak dilihat warganet. Sebagian bahkan mengikuti langkah Samuel menyiapkan tempat cuci tangan gratis di depan toko atau rumahnya.

"Jangan lupa cuci tangan ya karena cuci tangan lebih baik daripada HS (hand sanitizer)," tulis seorang warganet yang diunggah ulang oleh Samuel lewat Insta Story-nya.

Meski begitu, ada pula yang menyangsikan keamanan fasilitas publik tersebut. Salah satu warganet berkomentar bila fasilitas tersebut tidak aman diletakkan begitu saja.

"Masalahnya kk mue, kalau di ***** buat kek gini pas ditinggal, auto hilang diambil orang barang-barang kita, or auto org isi ulang hand soap-nya padahal niat baik," tulis warganet lainnya. Samuel pun memberi ide agar barang-barang dilem super saja agar tak digondol maling.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Bermata Juling, Kucing Ini Justru Bikin Warganet Gemas