Cara Membersihkan Rumah di Tengah Pandemi Corona COVID-19

Oleh Putu Elmira pada 24 Mar 2020, 05:01 WIB
Diperbarui 24 Mar 2020, 05:01 WIB
Ilustrasi Bersih-bersih
Perbesar
Ilustrasi bersih-bersih (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah penyebaran corona COVID-19, menjaga kebersihan diri dan rumah sangat perlu diperhatikan.

Dilansir dari New York Times, Senin, 23 Maret 2020, membersihkan rumah dengan wipes atau tisu pembersih dapat dilakukan, begitu pula dengan semprotan atau lap yang bisa membunuh kuman. Lalu, bagaimana jika tak memiliki semprotan atau tisu pembersih?

Mencuci dengan air sabun pun bisa jadi opsi. Caranya, campurkan beberapa tetes sabun cuci piring dengan delapan ons air. Meski sabun dan air tidak akan membunuh semua kuman, menggosok dengan air sabun dinilai efektif dalam menghilangkan virus corona COVID-19 dan kuman lainnya.

Bersihkan pula permukaan yang kerap disentuh terdiri atas semua tempat di mana Anda dan keluarga meninggalkan banyak sidik jari setiap harinya.

Apa saja yang kerap disentuh dan wajib untuk dibersihkan di rumah adalah gagang pintu, sakelar lampu, pintu kulkas dan microwave, gagang laci, remote televisi, meja tempat masak dan makan, hingga gagang toilet.

2 dari 3 halaman

Penting untuk Cuci Tangan

20151021-Ilustrasi mencuci tangan
Perbesar
Ilustrasi mencuci tangan (iStockphoto)

Disarankan untuk membersihkan semua permukaan yang sering disentuh secara menyeluruh. Pastikan pula area tersebut telah dibersihkan dengan baik.

"Cuci tangan Anda ketika sampai di rumah, dan cobalah untuk membersihkan beberapa area yang sangat sering disentuh. Hal tersebut adalah saran yang bagus, bahkan tanpa adanya virus corona," kata Dr. Kryssie Woods, ahli epidemiologi rumah sakit dan direktur medis pencegahan infeksi di Mount Sinai West, New York.

Untuk memastikan rumah tetap bersih, saat sampai di rumah, lepas sepatu, gantung jaket, dan segera cuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓