Sukses

Cara Membuat Sayur Lodeh yang Enak

Sayur lodeh makin naik daun usai disebut sebagai masakan yang bisa mencegah corona COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Sayur lodeh jadi ramai dibicarakan usai Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 Achmad Yurianto mengungkapkan bahwa masakan tradisional Indonesia itu bisa mencegah corona COVID-19.

Namun, dilansir dari berbagai sumber, sayur lodeh ternyata mempunyai sejarah sendiri. Masakan itu ada yang menyebut berasal dari dari Jawa, tetapi ada juga yang menyebut dari Betawi.

Secara etimologi, kata "lodeh" disebut-sebut berasal dari kata "lo deh" atau "Anda saja". Namun, berbagai daerah mempunyai resep tersendiri soal sayur lodeh.

Keragaman itu pula yang membuat sayur lodeh sangat terkenal di Indonesia. Selain itu, sayur lodeh juga bisa dinikmati oleh semua orang, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Namun, terlepasdari asal-usul nama tersebut, sayur lodeh dapat menggugah selera. Berikut bahan-bahan dan cara pembuatan sayur lodeh hasil kreasi Dendoy Lestari yang dimuat di cookpad.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahan-Bahan:

Satu ikat kacang panjang, satu bungkus tempe, dua buah terong ungu, dua lembar daun salam, satu buah serai, satu ruas lengkuas (geprek), dua  buah cabai hijau (iris), lima buah cabai rawit (iris), dua buah cabai merah (iris), satu sdm garam, satu sdt gula pasir, satu sdt kaldu jamur (optional), 500 ml santan, enam siung bawang merah, empat  siung bawang putih, satu sdt ketumbar, dia buah kemiri.

Langkah-Langkah:

- Bersihkan dan potong-potong bahan, seperti tempe, kacang panjang dan terong, serta ulek bumbu halus

- Panaskan minyak, tumis bumbu halus lalu masukka lengkuas serai dan daun salam aduk hingga wangi lalu masukkan santan dan aduk hingga rata

- Masukkan bahan-bahan, seperti tempe, kacang panjang dan terong, lalu masukkan irisan cabai, tambahkan garam, gula dan kaldu jamur. Setelah itu, cek rasa dan tunggu hingga matang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.